Ekspedisi Penyelamatan Kantong Semar ke 'Kerajaan Jin'

Oleh Ahmad Yusran pada 27 Des 2016, 12:31 WIB
Diperbarui 27 Des 2016, 12:31 WIB
Kantong Semar
Perbesar
Kantong Semar, tanaman penjebak serangga (Li[putan6.com / Ahmad Yusran)

Liputan6.com, Makassar - Meski tak sepopuler anggrek, aglaonema kantong semar, tanaman dari famili Nepenthaceae, kini banyak diincar pencinta tanaman hias mancanegara.

Keunikannya, tanaman ini punya kemampuan menjebak serangga. Keunikan lain dari sisi bentuk, ukuran, serta corak warna.

Tanaman kantong semar banyak dijumpai di hutan Gunung Mekongga yang merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Namun, populasinya kini nyaris punah karena banyak diburu pencinta tanaman hias.

"Makanya, teman-teman sebanyak lima orang akan melakukan penelitian tentang kantong semar yang nyaris punah melalui ekspedisi hutan Gunung Mekongga," kata Ketua Dewan Eksekutif Sintalaras UNM, Hamzah, kepada Liputan6.com, Senin, 26 Desember 2016.

Kelimanya adalah Ahmad Maulana, Muh Akramullah, Ulil Amri, Munawir Jufri, dan Muh Alghazali. Titik awal pendakian mereka mulai dari Dusun Surolako, Desa Rantebaru, Kecamatan Ranteangin hingga puncak Mosero-sero dengan ketinggian 2.620 mdpl.

Hamzah melanjutkan, kawasan pegunungan Mekongga merupakan jajaran Pegunungan Verbeck. Puncak-puncaknya terdiri atas jenis batuan karst. Masyarakat setempat meyakininya sebagai pusat "kerajaan jin" di wilayah Kolaka Utara.

"Mekongga memang sangat eksotik, jadi objek dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Karena di wilayah itu masih terdapat spesimen flora dan fauna serta bebatuan yang unik untuk pengembangan ilmu pengetahuan," kata Hamzah.