Sukses

Usai Natal, Puluhan Penghuni Lapas Banjarbaru Kabur

Setidaknya ada 31 penghuni lapas yang kabur pada Senin dini hari tadi.

Liputan6.com, Banjarbaru - Puluhan narapidana dan tahanan penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIIB Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, kabur dari sel dini hari tadi, sekitar pukul 00.00 Wita.

Kapolres Banjarbaru AKBP Eko Wahyuniawan membenarkan kaburnya puluhan penghuni lapas yang berlokasi di Jalan Aneka Tambang Banjarbaru itu.

"Benar kami mendapatkan laporan mengenai narapidana dan tahanan yang kabur. Jumlahnya sebanyak 31 orang dan saat ini sebagian sudah ditangkap," ujar dia, di Banjarbaru, dilansir Antara, Senin (26/12/2016).

Ia mengatakan, narapidana maupun tahanan yang berhasil ditangkap ada 17 orang ditambah empat orang lainnya yang dilaporkan diamankan tetapi belum diserahkan ke mapolres.

Seluruh narapidana dan napi yang melarikan diri, kata dia, akan menjalani pemeriksaan di mapolres dan jika sudah selesai diserahkan kembali ke lapas untuk diproses lebih lanjut.

"Narapidana dan tahanan yang sudah ditangkap diperiksa penyidik di polres dan mereka segera dikembalikan ke lapas jika pemeriksaan sudah selesai," ujar dia.

Menurut Eko, pihaknya menurunkan puluhan personel dan bersama personel Brimob Polda Kalsel ikut mengejar narapidana dan tahanan yang belum tertangkap. Ia mengimbau agar para narapidana dan tahanan menyerahkan diri.

"Harapan kami, pihak keluarga ikut membantu menyadarkan mereka," kata dia.

Kapolres mengatakan, kepolisian masih belum mengetahui penyebab kaburnya puluhan penghuni lapas itu dan masih fokus mengejar agar bisa menangkap mereka kembali.

"Soal apa penyebab dan bagaimana mereka kabur, kami belum mengetahui detailnya. Silakan tanyakan kepada pihak lapas karena kewenangan ada di tangan mereka," ujar Eko.

Ia menambahkan, puluhan personel sudah dikerahkan untuk menangkap kembali narapidana dan tahanan yang masih ada di luar di samping menyisir lingkungan lapas tersebut.

"Kami sudah menempatkan personel di sekitar lapas terutama jalur keluar dengan melakukan pemeriksaan pada orang maupun angkutan yang melintas di sekitar kawasan itu," kata dia.

Sementara itu, puluhan personel dari Polres Banjarbaru dan personel Brimob bersenjata terlihat memenuhi lingkungan lapas melakukan penjagaan dan pengamanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.