Sukses

Tolong, Gajah-Gajah Bandel Ganggu Petani

Gajah-gajah sudah masuk kawasan desa dalam tiga hari terakhir.

Liputan6.com, Aceh Utara - Belasan gajah liar kembali memasuki kebun petani di kawasan Alue Rime, Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, sejak tiga hari terakhir.

M Isa, tokoh masyarakat Alue Rime menyebutkan, pihaknya belum mengetahui pasti berapa hektare luas kebun petani yang rusak akibat gangguan gajah kali ini.

"Kami belum tahu pasti luas kerusakan terhadap kebun para petani di kawasan ini, akibat gangguan gajah liar tersebut," jelas M. Isa, dilansir Antara, Senin (19/12/2016).

Belasan gajah liar itu sudah memasuki kawasan Desa Alue Rime sejak tiga hari terakhir. Para petani, sebutnya lagi, sudah berupaya mengusir dengan alat seadanya, seperti menggunakan meriam bambu, obor, dan mercon.

Setelah diusir menggunakan alat tradisional itu, gajah itu hanya akan pergi sebentar, lalu tidak berapa lama gajah ini kembali lagi ke kebun.

Menurut M Isa gangguan gajah liar tersebut, bukan baru pertama kali terjadi di kawasan setempat. Tetapi, kebun petani sudah sering mendapatkan gangguan dari gajah liar itu.

"Biasanya gajah liar ini keluar dan mendatangi kebun pada malam hari. Sementara pada siang harinya, gajah tersebut jarang terlihat di kebun petani," kata M Isa.

Di kawasan Alue Rime, tambah M. Isa, sejumlah petani menanam berbagai jenis tanaman, seperti sawit, kakao, karet, pohon rambutan, pisang, cabai, hingga pohon durian.

"Petani yang berkebun di daerah kami, tidak hanya warga Desa Alue Rime, tetapi ada juga masyarakat dari luar desa, seperti Cunda, Panton Labu, dan daerah lainnya," M Isa menjelaskan.

Pihaknya berharap, agar adanya perhatian khusus dari pemerintah. Bahkan, keluhan petani yang paling serius selama ini, adalah gangguan gajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.