Sukses

Wow, Cahaya Sinterklas di Atas Danau Sineleyan Tomohon

Suatu momen langka bagi masyarakat Tomohon dan sekitarnya.

Liputan6.com, Tomohon - Ruas jalan raya Manado-Tomohon, Sabtu 17 Desember 2016 malam mendadak macet. Ratusan kendaraan dari dua arah berjalan merayap perlahan. Ratusan warga bertumpuk, berdesak-desakan mengambil foto-foto di salah satu kawasan pusat kota Tomohon.

Mereka tengah mengabadikan sebuah momen langka. Apa itu? Ada Sinterklas di atas Danau Sineleyan, Tomohon.

"Indah sekali pemandangan di Danau Sineleyan ini. Berhiaskan lampu-lampu Natal di bagian pinggirnya. Yang lebih menarik ya ini, lampu-lampu yang melukiskan seorang Santa Claus yang berkereta rusa menyeberangi danau itu," ujar Fransiskus Marcelino, warga Kelurahan Paslaten, Kecamatan Tomohon Timur, yang ditemui di lokasi itu.

Fransiskus yang datang bersama keluarganya untuk mengambil gambar-gambar menarik bertemakan Natal di kawasan itu. "Ini rekreasi yang murah, unik, dan juga menarik menjelang Natal ini," ujar Fransiskus.

Ratusan warga yang berdomisili di Tomohon dan sekitarnya maupun yang datang dari Manado ramai-ramai mendokumentasikan ornamen Natal yang unik itu.

"Kalau misalnya pohon Natal, atau lampu-lampu hias itu sudah lazim ada saat perayaan Natal. Tapi ini sangat kreatif, dengan kehadiran Santa Claus yang menaiki kereta rusa sementara menyeberangi Danau Sineleyan," papar Cindy Aprilia, warga Kelurahan Talete, Kecamatan Tomohon Tengah.

Sinterklas berkerata rusa di atas Danau Sineleyan Tomohon. (Liputan6.com/ Yoseph Ikanubun)

Ornamen Natal yang menggambarkan Sinterklas dengan kereta yang ditarik empat ekor rusa itu dibuat sang pemilik restoran di sekitar Danau Sineleyan itu.

"Sudah lebih kurang sepekan ini lokasi Danau Sineleyan saat malam hari dipadati warga Tomohon dan sekitarnya," ujar Jemmy, pengelola restoran yang berada di atas Danau Sineleyan itu.

Lokasi danau ini sangat strategis. Berada di pinggiran jalan Raya yang menghubungkan Manado dengan Kota Tomohon, serta beberapa kabupaten seperti Minahasa dan Minahasa Tenggara. Sekitar 25 Km ke arah selatan kota Manado, Danau Sineleyan bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan bermotor selama 30 menit perjalanan.

Pada siang hingga malam hari, danau yang juga menjadi sumber air bersih bagi warga kota Tomohon ini menjadi surga bagi para pemancing. Hampir tiap hari aktivitas memancing di Danau Sineleyan tak pernah sepi.

Mulai anak-anak hingga orang dewasa bebas datang memancing. Sore hingga malam hari merupakan waktu favorit bagi mereka penggila memancing.

"Dengan latar Gunung Lokon, kawasan Danau Sineleyan memang indah dan menjadi surga bagi para pemancing," ujar Donny Turang, warga Kelurahan Kamasi, Kecamatan Tomohon Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.