Sukses

Nikmatnya Udang Panggang Batu Sembari Memancing Ikan Predator

Pancing ikan predator dan menikmati sensasi udang panggang batu di Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Daerah Istimewa Yogyakarta selalu menawarkan tempat wisata dan kuliner menarik. Beberapa tempat makan menyajikan hal berbeda demi menangkap hausnya penikmat kuliner.

Salah satunya Westlake Resort di Jalan Lingkar Barat, Trihanggo, Gamping, Kabupaten Sleman. Restoran dengan konsep restoran keluarga ini tidak hanya menawarkan menu makanan saja, tetapi juga sisi rekreasi, wedding, hingga gathering. Penikmat kuliner di tempat ini bisa menikmati pemandangan danau buatan seluas 3,5 hektare.

"Resto ini berdiri sejak 19 Desember 2012. Ini tahun keempat kami sebagai family resto. Kita ada meeting room hall. Gazebo bisa untuk wedding, gathering," ujar Manager Westlake Resort, Widyaningrum, Minggu, 4 Desember 2016.

Widyaningrum mengatakan pengunjung di Westlake bisa menikmati kuliner sembari memancing dan bermain bebek air. Bagi keluarga yang ingin bermain bebek air, dapat membeli tiket seharga Rp 15 ribu.

Di Westlake Resort disediakan areal pemancingan bagi pengunjung. (Liputan6.com/Yanuar H)

Bagi yang suka memancing, di Danau Westlake terdapat ikan predator, seperti ikan toman, aligator, peacook bass, dan bawal. Selain itu ada juga ikan arapaima. Ada lima ikan asal Sungai Amazon, Brasil di kolam kecil Westlake dan beberapa di antaranya di dalam danau.

"Kalau mau mancing beli voucer seharga Rp 250 ribu. Voucer tersebut untuk mengurangi pembelanjaan. Misal habis Rp 400 ribu saat makan, pengunjung tinggal menambah Rp 150 ribu saat membayar di kasir restoran," kata Widyaningrum.

Widyaningrum menjelaskan untuk ikan hasil pancingan tidak boleh dibawa pulang, tapi ikan itu harus dikembalikan lagi ke danau buatan. Pengunjung bisa memancing dari berbagai tempat baik di gazebo yang dipesan atau di tengah danau.

Air sungai yang terus mengalir ini membuat ikan-ikan di Danau Westlake terus tumbuh dengan baik. Air dalam danau buatan itu diperoleh dari aliran Sungai Bedog, kemudian kembali lagi ke sungai tersebut.

"Airnya ini cuma mampir, jadi air Sungai Bedog ini kembali lagi ke sungai," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menu Unik Penggugah Selera

Usai memancing dan bermain, pengunjung dapat menikmati makanan. Berbagai menu seafood ditawarkan di restoran ini. Namun, ada juga menu lain bagi pengunjung yang kurang menyukai seafood.

"Untuk menu kami ada varian ikan, mulai dari gurame, nila, seafood ada udang, cumi, kerang. Pokoknya varian ikan gurami nila kita juga akan keluarkan patin. Yang tidak suka ikan, ada alternatif ayam," kata Widyaningrum.

Widyaningrum mengatakan dua menu spesial yang ada di resto ini adalah udang panggang batu dan ikan gurame siram bumbu rujak.

Menu seafood lain di Westlake Resort. (Liputan6.com/Yanuar H)

Ikan gurame yang sudah digoreng dengan tepung, kemudian disiram bumbu rujak saat disajikan. Sementara, untuk rasa, bisa disesuaikan dengan keinginan pemesan, meski kebanyakan pengunjung lebih menyukai rasa pedas.

"Gurame siram bumbu rujak itu sudah difilet dulu. Sambel kita punya yang spesial, sambal tidak ampun, level 10, sambel yang mengunakan cabai dan terasi tanpa tomat, rasanya pedes. Itu yang suka pedas," jelas dia.

Sementara menu spesial lainnya adalah udang panggang batu. Widiningrum mengaku jika menu andalan itu diklaim hanya ada di restorannya.

Salah satu menu udang di Westlake Resort. (Liputan6.com/Yanuar H)

Menu ini seperti udang bakar, tetapi tidak ada bekas arang karena dipanggang dengan batu dan dibungkus aluminium foil. Setelah matang, udang disajikan dengan warna merah yang menggugah selera.

"Udang panggang batu tidak digoreng dan tidak direbus. Dikasih bumbu lalu ditutup aluminium foil itu tidak ada di resto lain, tanpa MSG. Kalau orang menghindari minyak, bisa langsung pesan menu spesial ini," Widyaningrum menjelaskan.

Cita rasa yang ditawarkan cenderung gurih untuk menu andalan ini. Sebab udang hanya diberi bumbu garam dan jahe. Garam untuk memberikan rasa gurih, sementara jahe untuk menghilangkan bau amis pada udang.

"Kita gunakan udang pancet, yang besar-besar itu. Untuk udangnya kita datangkan dari Semarang, sementara untuk ikan-ikan lokal seperti gurame, nila itu masih dari wilayah Yogyakarta,"

Menu pelengkap yang bisa dipilih ada sayuran. Mulai dari oseng bunga pepaya yang rasanya tidak pahit, kangkung, dan aneka lalapan lain. Begitu juga dengan minuman. Restoran ini menyajikan minuman asli daerah, seperti kelapa muda, wedang uwuh, kunir asem, beras kencur, jahe, dan aneka minuman tradisional lainnya.

"Minuman jus kelapa muda. wedang uwuh, beras kuncur. Kalau sayurnya sayur tumis genjer, dan capcay ada macam-macam sih," ujar dia.

Resto ini selalu buka tiap hari mulai dari pukul 10.00-23.00 WIB. Harga bervariasi mulai dari harga terendah Rp 6.000 hingga Rp 95.000 untuk makanan. Untuk minuman mulai dari Rp 8.000-Rp 25.000.

Harga tertinggi hanya Rp 95 ribu untuk seafood kepiting. Sementara menu spesial udang panggang batu hanya Rp 88 ribu dengan porsi besar yang bisa dinikmati untuk 3-5 orang. Begitu juga gurame siram rujak harganya hanya Rp 85 ribu.

"Kalau asyur tumis genjer 28 ribu. Paket Rp 60 ribu-Rp 200 ribu. Family itu ramainya pas weekend, kalau corporate justru weekdays," Widyaningrum menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.