Sukses

Gempa 6,4 SR Guncang Flores Timur, Pesisir Aman dari Tsunami

Sampai saat ini, belum ada laporan adanya kerusakan akibat guncangan gempa di Flores Timur itu.

Liputan6.com, Flores - Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,4 skala Richter mengguncang wilayah Kabupaten Flores Timur dan sekitarnya, hari ini, Senin (5/12/2016), pukul 09.45 Wita.

"Hasil analisis BMKG, gempa bumi terjadi pada pukul 09.13.04 Wita dengan kekuatan M=6.4 skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 7.32 LS dan 123.40 BT, pada kedalaman 524 km," ujar Kepala BMKG NTT, Drs Hasanudin kepada Liputan6.com.

Dia mengatakan, peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan dampak gempa bumi berupa guncangan yang dirasakan juga di daerah Waingapu, Tambolaka dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau (III-IV MMI).

Hasan menambahkan, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan akibat aktivitas patahan lokal dan tidak berpotensi tsunami. Sampai saat ini, belum ada laporan adanya kerusakan akibat guncangan tersebut.

"Hingga kini belum terjadi aktivitas gempa susulan," kata Hasan.

Dia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG, terutama masyarakat di daerah pesisir Pulau Flores.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini