Sukses

Risiko Besar, Ribuan Nelayan Cirebon Dapat Asuransi

PT Cirebon Energi Prasarana menghadiahi asuransi bagi para nelayan di Cirebon.

Liputan6.com, Cirebon - Sebanyak 3.000 nelayan dari 13 desa di Kabupaten Cirebon mendapatkan asuransi jiwa dari Jasa Raharja. Asuransi tersebut merupakan bantuan dari PLTU Cirebon bekerja sama dengan Polairud Polda Jawa Barat.

Penyerahan asuransi ini dilakukan Kapolda Jawa Barat, Irjen Bambang Waskito, dalam rangkaian pelaksanaan HUT Polairud Polda Jabar yang ke-66 di Cirebon, Kamis, 1 Desember 2016.

Direktur PT Cirebon Energi Prasarana, Teguh Haryono, mengatakan nelayan di Cirebon cukup rentan menjadi korban dalam kecelakaan laut maupun musibah lainnya saat sedang bekerja.

Oleh karena itu, pihaknya memfasilitasi pemberian asuransi jiwa bagi nelayan sebagai salah satu bagian dari CSR PLTU Cirebon. "Tahun ini ada 3.000 nelayan yang kita berikan asuransi. Preminya yang bayar kita semua," kata Teguh di Cirebon.

Sejauh ini, tutur Teguh, PLTU Cirebon sudah memberikan asuransi bagi para nelayan sejak tahun 2011. Pada awalnya, hanya sekitar 80 nelayan yang mendapatkan asuransi. Namun, setiap tahun jumlahnya mengalami peningkatan.

"Kalau ditotal sejak tahun 2011, kami sudah memberikan asuransi bagi 9.580 nelayan," kata Teguh.

Sementara itu, Mahfudz (40), salah satu penerima asuransi, mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan ini. "Kalau bayar sendiri, Rp 50 ribu per bulan. Tapi semuanya sudah ditanggung oleh PLTU," kata Mahfudz.

Mahfudz menyebutkan, untuk biaya pengobatan, pemilik asuransi bisa menerima sekitar Rp 1 juta. Sementara untuk asuransi kematian, bisa menerima sebesar Rp 10 juta. "Kami sangat berterima kasih dan sangat terbantu dengan adanya asuransi ini," kata Mahfud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini