Sukses

Sewangi Apa Aroma Kasturi? Ayo Cari di Tabalong

Pelestarian pohon kasturi sekaligus untuk mempercantik kota.

Liputan6.com, Tabalong - Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mengintensifkan pelestarian pohon Kasturi, jenis tanaman buah-buahan khas yang mulai langka.

Salah satu wujud pelestarian itu dilakukan penanaman di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Tanjung Bersinar Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Tabalong, Kalimantan Selatan, Kamis (24/11/2016).

"Penanaman pohon Kasturi di lokasi RTH Taman Tanjung Bersinar, bagian upaya pemerintah daerah mendukung pelestarian tanaman khas daerah sekaligus mempercantik kota," kata Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani di Tanjung, Kamis (24/11/2016), dilansir Antara.

Pembangunan RTH Taman Tanjung Bersinar sendiri hampir rampung dan rencananya diresmikan 6 Desember 2016 bersamaan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tabalong ke-51.

Menurut Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) RTH Iriadi, pembangunan taman di areal seluas tiga hektare ini menelan dana sekitar Rp 15 miliar masing-masing bersumber dari APBD kabupaten, APBN serta sumbangan dari PT Adaro Indonesia.

"Kita juga sudah menanam sekitar 214 pohon besar jenis mahoni dan angsana di lokasi taman dan saat ini masih dilakukan pekerjaan akhir berupa pemasangan paving block di sekitar lokasi," jelas Iriadi.

Keberadaan RTH di jalan provinsi ini mengacu Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang penataan ruang menetapkan ketersediaan RTH 30 persen dari luas wilayah dengan komposisi 20 persen untuk publik dan 10 persen RTH privat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini