Sukses

Cerita di Balik Video Mannequin Challenge Operasi Zebra Brebes

Video Mannequin Challenge Operasi Zebra Brebes diproduksi dalam hitungan jam.

Liputan6.com, Brebes - Video Mannequin Challange Operasi Zebra Candi jajaran Satlantas Polres Brebes viral di media sosial.  Kreasi itu digagas Kasatlantas Polres Brebes AKP Arfan Zulkhan Sipayung.

Video itu dibuat sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat soal operasi Zebra Candi jajaran Satlantas Polres Brebes.

"Mannequin Challange inovasi kreatif kami bersama Satlantas Polres Brebes yang juga melibatkan pelajar dan masyarakat kegiatan ini mengedukasi," ucap Arfan saat dikonfirmasi, Senin 21 November 2016.

Menurut dia, kegiatan Mannequin Challange itu juga menampilkan bagaimana rekayasa preventif sekaligus penindakan saat operasi Zebra Candi yang sudah digelar sejak 18 hingga 29 November 2016 mendatang.

"Bagaimana modus-modus pelanggaran tata tertib lalu lintas kami rekayasakan dalam adegan Mannequin Challenge ini," ujar dia.

Di dalam cuplikan video itu terlihat razia yang bertujuan untuk menegakkan langkah preventif seperti menegur pengendara tidak memakai helm, plat nomor yang diubah, plat nomor yang tidak terpasang, dan sejumlah kelengkapan berkendara lainnya.

Selain itu, kata dia, cuplikan video itu juga menampilkan adegan petugas Polantas menindak tegas mobil boks ataupun mobil bak terbuka yang diketahui kedapatan mengangkut penumpang orang.

Kasatlantas menjelaskan, hanya membutuhkan waktu tak sampai dua jam proses pengambilan cuplikan video Mannequin Challange itu rampung untuk kemudian disunting langsung.

"Setelah ambil gambar pakai drone, saya sendiri langsung lakukan editingnya. Ya syukur nggak sampai lima jam bisa jadi dan bisa dipertontonkan kepada masyarakat," dia menjelaskan.

Ia berharap cuplikan video Mannequin Challange dapat memberikan manfaat dan pengetahuan tambahan bagaimana tertib berlalu lintas di jalan raya.

"Kalau masyarakat tertib berlalu lintas, angka kecelakaan lalu lintas juga pasti turun," kata dia.

Selain diunggah di akun media sosial Facebook, cuplikan video itu juga diunggah di akun media sosial lainnya yakni, Instagram, YouTube dan Twitter.

"Ke depan, kami juga akan bagikan cuplikan video Mannequin Challange ini ke PO-PO bus di sini untuk disosialisasikan secara langsung," kata Arfan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.