Sukses

Mannequin Challenge Operasi Zebra Candi Polres Brebes Jadi Viral

Ada juga adegan pengendara sepeda motor yang terjatuh lantaran berusaha menghindar dari polisi.

Liputan6.com, Brebes - Berbagai cara dilakukan jajaran Satuan Lalu-Lintas (Satlantas) di seluruh daerah, untuk menyosialisasikan sekaligus mengedukasi kepada masyarakat, terkait Operasi Zebra Candi yang berlangsung serentak mulai 16 hingga 29 November 2016.

Jajaran Satlantas Polres Brebes misalnya, dengan kreatifitasnya membuat video mannequin challange, yang menampilkan sejumlah polisi melakukan operasi Zebra Candi.

Video yang tengah viral di media sosial ini melibatkan ratusan personel kepolisian dan masyarakat sipil, serta berbagai adegan saat polisi menindak sejumlah pelanggaran.

Sejak pertama kali diunggah di Facebook pada 20 November 2016 di akun resmi milik Satlantas Polres Brebes, video itu pun membuat heboh dan menjadi viral.

Lebih dari 30 ribu pengguna media sosial atau netizen sudah mengunjungi video berdurasi 5 menit 29 detik itu. Video itu pun banjir pujian dari para netizen.

"Cakep banget bos," tulis netizen bernama Syahid Al Hasan, mengomentari video mannequin challenge yang diunggah Satlantas Polres Brebes.

"Keyeeennn kekinian banget," ujar netizen lainnya, Teguh Dwi Prasetya.

Sebagian netizen bahkan mengagumi video hasil karya Satlantas Polres Brebes itu. Seperti netizen bernama Bung Dito dan Ragil Sugeng Dewantoro.

"Stop stop, priiit..., kenapa saya diberhentiin pak?, kamu kerenya kelewatan #eaeaea," kata Bung Dito.

"Bagus!!!keren!!! Pertama mikir editan, setelah lihat strobonya masih gerak baru yakin kalau akting jadi manekin. Persis kayak film x-men, kekuatanya prof xavier," kata Ragil.

Cuplikan video mannequin challenge itu dibuat di Jalan Veteran, Brebes, di sela pelaksanaan Operasi Zebra Candi oleh jajaran Satlantas Polres Brebes.

Sejumlah polisi yang terlibat dalam adegan itu, terlihat cukup terampil memperagakan bagaimana peran masing-masing.

Ada polisi yang bertugas menghentikan pengendara, ada pula yang memberikan arahan langsung kepada pengendara yang tidak menaati peraturan lalu lintas.

Tak hanya pengendara roda dua yang dilibatkan, pengendara roda empat juga ikut memperagakan aksi mannequin challange.

Bahkan, saat polisi menilang mobil bak terbuka ataupun mobil boks berpenumpang orang. Polisi dan masyarakat pun ikut 'mematung' dengan ekspresi wajah yang unik.  

Ada juga pengendara sepeda motor yang terjatuh lantaran berusaha menghindar dari polisi. Ada juga pelajar yang tengah dihukum push-up karena menumpang mobil boks, dan masih banyak lagi adegan menarik dalam video tersebut.

Menggunakan Drone

Mannequin challenge adalah cuplikan video yang menampilkan sejumlah orang yang diam 'membeku', ketika tengah melakukan kegiatan tertentu.

Karena berpose diam, sekumpulan orang ini terlihat seperti patung manekin. Video karya Satlantas Polres Brebes itu diambil menggunakan drone, yang dioperasikan oleh anggota Satlantas Polres Brebes.

Video ini biasanya menggunakan musik latar tembang berjudul Black Beatles, yang dinyanyikan rapper Rae Sremmurd.

Mannequin challenge dilakukan pertama kali oleh sejumlah siswa di Sekolah Menengah Edward H White, Jacksonville, Florida, Amerika Serikat, pada Oktober 2016.

Para siswa tersebut membuat video yang menampilkan aktivitas para siswa di kelas dalam keadaan 'mematung'. Setelah diunggah ke media sosial, video tersebut menjadi viral.

Alhasil, banyak siswa sekolah dan perguruan tinggi mengikuti gaya tersebut. Mereka melakukan di berbagai tempat seperti di ruang ganti, lorong kelas, sampai lapangan olahraga.

Kehebohan video mannequin challenge kian populer saat tim olahraga profesional di Amerika Serikat seperti New York Giants, Pittsburgh Steelers, Milwaukee Bucks, dan berbagai tim lainnya mengikuti tren ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.