Sukses

Penampakan Misterius Saat Kebakaran Pasar Waru 2011 dan 2016

Ada kemiripan bentuk hasil gumpalan asap kebakaran Pasar Waru. Tanggapan netizen beragam.

Liputan6.com, Jakarta, Semarang - Kebakaran pasar Waru Indah di Semarang pada Jumat malam, 18 November 2016 lalu menyisakan sejumlah misteri. Salah satunya adalah gumpalan asap yang menyerupai wajah misterius.

Penampakan misterius itu sempat ditangkap kamera ponsel dan diunggah ke akun media sosial Facebook oleh akun Mas Dony di grup FB Media Informasi Kota Semarang (MIK Semar) pada hari kebakaran. Foto ini diunggah pada jam 21.56 dan diambil pada jam 21.45 ketika api sedang berkobar.

Gumpalan asap yang menyerupai wajah misterius itu kemudian dilingkari dengan lingkaran merah. Terlihat seperti wajah perempuan kurus yang sedang melihat ke bawah.

Ternyata ada penampakan yang mirip dengan gumpalan asap pada kebakaran Pasar Waru Indah tahun 2011. Ada tiga foto yang diunggah oleh netizen bernama Ipank RH di forum Kaskus. Foto ini diunggah pada 12 Juni 2011 jam 02.03.

Tanggapan beragam atas adanya foto ini. Namun rata-rata menilai hanya kebetulan saja. Seperti disampaikan akun Dinda Rizqi Laksono yang mengomentari singkat atas foto kebakaran 2016.

"Cocokologi."

Atau akun Nabiron yang lebih sarkastis.

"Ngko mesti dishare. Klik like n ketik amin, masuk surga (nanti pasti dishare, klik like n ketik amin, masuk surga)," kata Nabiron.

Gumpalan asap kebakaran Pasar Waru 2011 (istimewa)

Namun ada juga yang memiliki gambaran sama, seperti disampaikan akun Ika Maritha Chece.

"Sing dibunderi kuwi ono penampakane ya? (yang dilingkari itu ada penampakannya ya," tulis Ika

Sementara itu terhadap postingan di forum kaskus, yakni kebakaran pasar Waru Indah tahun 2011, komentar juga tak jauh beda.

"Cuma ilusi gara-gara kepulan asap gan," tulis akun wedangsusu99.

Gumpalan asap kebakaran Pasar Waru 2011 (istimewa)

Namun ada pula yang memiliki gambaran sama.

"Bentuknya kayak tengkorak yah," tulis akun Rozett.

Apapun kondisinya, yang jelas saat ini para pedagang masih banyak yang mengais sisa kebakaran untuk mencari barang yang masih bisa dijual.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini