Sukses

Gempa Guncang Gunungkidul Dua Kali dalam 2 Hari

Hingga kini belum ada laporan kerusakan akibat gempa yang mengguncang Gunungkidul pagi tadi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Baru kemarin merasakan dampak gempa Malang, warga Gunungkidul kembali diguncang gempa dari kedalaman 10 km di Barat Daya Gunungkidul. Berbeda dengan gempa kemarin, guncangan gempa kali ini terasa lebih kuat meski hanya berlangsung selama empat detik.

Meski sempat membuat panik warga, BPBD Gunungkidul menyatakan belum ada laporan kerusakan yang diderita warga. Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Budhi Harjo mengatakan pihaknya masih mendata laporan kerusakan dari gempa berkekuatan 5,3 SR itu.

"Laporan yang masuk belum ada kerusakan akibat gempa," kata dia, Jumat (18/11/2016).

Budhi mengatakan, sebagian besar warga Gunungkidul merasakan gempa yang terjadi pagi hari tadi. Intensitas gempa dari peta guncangan dirasakan hanya III MMI atau II SIG. Artinya, gempa ringan dirasakan.

Ia berharap masyarakat tetap tenang dan waspada serta tidak terpancing isu menyesatkan. "Masyarakat tadi sempat ada yang panik dan ke luar rumah," ujar dia.

Kepala Badan Meteorologi Gefisika dan Klimatologi (BMKG) Yogyakarta Toni Agus Wijaya mengatakan, gempa yang berpusat di laut itu tidak berpotensi tsunami. Gempa dengan kekuatan 5.3 SR terjadi pukul 09:19:29 WIB, dengan lokasi gempa 8.87 LS, 110.57 BT atau 93 km Barat Daya Gunungkidul di kedalaman 10 Km.

"Gempa berpusat di laut, dan tidak berpotensi tsunami," kata Toni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.