Sukses

Gajah Sarapan Tumpeng, Selamat Ulang Tahun Gembiraloka

Gajah jadi simbol Gembiraloka Zoo Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gembiraloka Zoo (GL Zoo) menggelar upacara untuk memperingati dua hal sekaligus, Kamis (10/11/2016) pagi. Pasalnya, ulang tahun kebun binatang yang ada di Yogyakarta ini bersamaan dengan Hari Pahlawan.

Pada ulang tahun ke-63, empat ekor gajah sebagai simbol GL Zoo diberi tumpeng berupa gunungan buah. Mereka adalah Gilang (20), Sinta (19), Cempaka (27), dan Subaya (46). Ada empat gunungan buah yang disediakan, para karyawan dan pihak manajemen GL Zoo memberi makan empat hewan yang ditemani pawangnya masing-masing.

Aksi ini juga menarik perhatian para pengunjung yang sudah berdatangan sekalipun GL Zoo belum dibuka. Mereka memanfaatkan momentum itu untuk berswafoto.

"Selain simbol GL Zoo, gajah juga binatang terkuat nilai filosofisnya di situ," ujar Khrisyanto Agung Wibowo, Kepala Bagian Humas GL Zoo.

Ia menyebutkan koleksi gajah di kebun binatang ini berjumlah tujuh ekor. Namun, hanya empat gajah yang ditampilkan mengingat keterbatasan tempat. GL Zoo memiliki koleksi total 1.300-an ekor hewan yang terdiri atas 378 jenis.

Agung menuturkan pada ulang tahun kali ini, pengurus Yayasan Gembiraloka (YGL) juga memberikan penghargaan berupa pin emas dan pin penghargaan kepada tujuh karyawan yang sudah menjalani masa bakti lebih dari 30 tahun. Selain itu, pengurus juga memberikan SK pengangkatan ke 21 orang, dari karyawan kontrak menjadi karyawan tetap.

"Bertepatan acara kami juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan area perkantoran utama tahap satu di sayap utara," ucap dia.

Pada 2008, YGL bekerja sama dengan PT Buana Alam Tirta untuk mengelola GL Zoo. Pembenahan dan pengembangan dimulai pada 2009, antara lain menambah wahana baru, penerapan format zona, pembangunan taman reptil dan amfibi, serta pembangunan taman burung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini