Sukses

Disubsidi Daging, Siswi Purwakarta Wajib Belajar Masak

Ada empat kecamatan yang menjadi sasaran pembagian daging subsidi.

Liputan6.com, Purwakarta - Pelajar di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mendapat subsidi dua kilogram daging sapi dari pemerintah setempat sebagai asupan gizi tambahan. Bupati Dedi Mulyadi mengatakan program itu rutin digelar sejak setahun lalu.

Subsidi daging sapi tersebut diberikan pada 2.000 pelajar di daerah-daerah dengan tingkat pertumbuhan gizi anaknya dianggap masih kurang dibanding tempat lain.

"Sejauh ini ada empat wilayah yang dibagi seperti Kecamatan Maniis, Tegalwaru, Plered, dan Kecamatan Sukasari," kata Dedi di tengah pembagian daging sapi di SDN 1 Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Purwakarta, Selasa (8/11/2016).

Selain peningkatan gizi, pemberian itu sekaligus sebagai upaya mendorong minat anak untuk kembali menekuni bidang peternakan bagi pelajar pria dan memasak bagi pelajar perempuan.

Menurut Dedi, Purwakarta selama ini dikenal sebagai salah satu penghasil daging terbaik di Jabar. Selain itu, kabupaten itu juga tumbuh menjadi daerah kuliner berbahan daging, seperti satai maranggi dan soto sadang.

"Ini adalah bagian dari pendidikan berkarakter berbudaya aplikatif yang sudah sejak lama diterapkan di Purwakarta," ucap Dedi.

Lebih lanjut Dedi mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengaplikasikan berbagai kurikulum pendidikan melalui kegiatan beternak hingga proses pemotongan daging bagi pelajar pria dan memasak bagi pelajaran perempuan.

"Anak-anak kita saat ini mengalami degradasi kehidupan karena selalu terpaku pada kurikulum yang serba buku paket. Sehingga, saat ini banyak lahir anak yang pintar secara akademis tapi tidak aplikatif dan ujung-ujungnya jadi pengangguran," kata Bupati Dedi Mulyadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini