Sukses

Ansor Jatim Desak Gelar Pahlawan untuk Gus Dur

Pemikiran pluralisme Gus Dur dinilai relevan untuk bekal hidup dalam keberagaman.

Liputan6.com, Surabaya - Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda (PW GP) Ansor Jawa Timur mendorong pemerintah untuk menganugerahkan gelar pahlawan kepada Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

"Gelar itu untuk mengabadikan pemikiran Gus Dur yang memiliki kontribusi besar bagi keutuhan NKRI. Pikiran dan sikap Gus Dur selama hidupnya menjadi perekat bagi keberagaman bangsa ini," kata Sekretaris PW GP Ansor Jatim, Ahmad Tamim, di Surabaya, Selasa (8/11/2016), dilansir Antara.

Menurut dia, gelar kepahlawanan bagi Gus Dur adalah untuk memberikan pengetahuan kepada seantero anak negeri tentang pentingnya melestarikan hidup dalam keberagaman Indonesia.

"Gus Dur boleh meninggalkan kita, tetapi ajaran pluralisme Gus Dur tidak boleh kita tinggalkan, tetap kita lanjutkan," kata Gus Tamim, panggilan akrab Ahmad Tamim.

Ia menjelaskan Gus Dur dalam melihat keberagaman dengan dua variable, yaitu Agama dan Negara. Dia menyebut Gus Dur adalah Ulama yang Nasionalis atau Nasionalis yang Ulama.

"Karena itu, kita harus menghidupkan dan mereaktualisasikan pemikiran Gus Dur. Dengan pikiran dan sikapnya itu, Gus Dur menjadi sosok pemimpin yang diterima oleh masyarakat lintas agama dan suku," kata dia.

Dalam pandangan Ansor, Indonesia adalah negara beragam budaya, maka gelar kepahlawanan bagi Gus Dur bukanlah untuk Gus Dur dan keluarganya, tetapi untuk mengabadikan pemikiran kebhinnekaan Gus Dur.

"Apalagi, Indonesia saat ini dilanda pemikiran yang kasar, suka menyalahkan, suka provokasi, main klaim, dan menyalahi budaya bangsa yang berakhlak, karena itu saatnya menghidupkan pemikiran Gus Dur," ujar dia.

Pada tahun ini, Presiden Joko Widodo sudah menandatangani keputusan penganugerahan seorang tokoh sebagai pahlawan nasional. Keppres bernomor 90 Tahun 2016 itu sudah ditandatangani Presiden Jokowi pada Jumat, 4 November 2016.

"Yang terkonfirmasi ke Kemensos itu satu yang ditandatangani Keppresnya oleh Presiden," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, saat jalan sehat dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 2016 di Jakarta, Minggu, 6 November 2016.

Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional akan dilaksanakan sebelum puncak Hari Pahlawan pada 10 November, tapi Khofifah enggan menyebut siapa tokoh yang akan dianugerahi gelar pahlawan pada tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini