Sukses

Pemakaman Usia Seabad Longsor, Jenazah Muncul

Jenazah di pemakaman Yogyakarta muncul lagi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Hujan deras disertai angin yang mengguyur Yogyakarta selama 30 menit, Jumat (4/11/2016) siang mengakibatkan fondasi makam di Petinggen, Karangwaru, Tegalrejo longsor. Sebanyak delapan jenazah tertimbun longsor dan satu di antaranya terlihat ke permukaan.

Informasi yang dihimpun, sebelum kejadian terdengar suara tanah bergetar dan gemuruh. Seorang warga yang rumahnya tepat di belakang makam, segera mendatangi arah suara dan melihat fondasi makam yang longsor sepanjang 20 meter dari ketinggian enam meter dengan jarak luncuran lima meter. Tidak hanya itu, nisan pun sudah berserakan. Kejadian tersebut berlokasi di sisi utara makam.

"Kejadiannya setelah salat Jumat dan satu jenazah yang tampak di permukaan itu baru saja semalam yasinan 100 hari," ujar Dwi Riyadi, anggota komunitas relawan tanggap bencana Warutama.

Menurut dia, longsor yang baru pertama kali terjadi di wilayah tempat tinggalnya itu disebabkan fondasi yang sudah lapuk dan tergerus air hujan.

Saat ini evakuasi jenazah masih dilakukan oleh Tim Reaksi Cepat dan PMI yang membawa kantung mayat. Rencananya, jenazah akan dipindahkan ke areal makam sisi barat.

Jenazah yang muncul ke permukaan itu bernama Safradin, warga setempat. Baru semalam kerabatnya memperingati 100 hari dengan menggelar doa Yasin.

"Dia adalah bapak mertua saya," ujar Slamet (45).

Pemakaman di Yogyakarta longsor (Liputan6.com / Switzy Sabandar)

Ia mengungkapkan ayah mertuanya meninggal karena sakit tua. Meskipun demikian, ia tidak mengalami firasat apa pun soal jenazah ayahnya yang keluar dari tanah karena longsor.

Budiyono, juru kunci makam, mengaku sudah menggali kubur baru untuk Safradin. "Yang diutamakan yang baru 100 hari dikubur," kata dia.

Sementara, tujuh jenazah lainnya sudah berusia lebih dari lima tahun dan tindak lanjut masih menunggu hasil rembugan dengan ahli waris masing-masing.

Ia memaparkan, makam itu sudah lama berdiri. Terbukti dari nisan yang bertuliskan tanggal meninggal awal 1900-an. Jumlah orang yang dimakamkan di tempat itu sekitar 1.000. Bahkan, ada pula yang dimakamkan tumpuk satu keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.
    Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.

    Yogyakarta

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • Pemakaman

Video Terkini