Sukses

Warga Gunungkidul Temukan Ribuan Uang Koin Kuno Berhuruf China

Ribuan uang kuno itu ditemukan Saridi pada dua pekan lalu saat membersihkan rumput.

Liputan6.com, Gunungkidul - - Warga Dusun Gedad, Banyusoca, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta dihebohkan dengan penemuan ribuan mata uang kuno jenis logam diduga peninggalan abad ke-12. Ribuan uang kuno ini ditemukan di pekarangan rumah milik Saridi (45) warga setempat. Koin temuan ini tengahnya berlubang dan ada tulisan huruf China.

Kanit Reskrim Polsek Playen Iptu Teguh Priyo mengatakan, uang kuno yang ditemukan itu diduga mirip uang kuno zaman Majapahit. Ribuan uang kuno itu ditemukan Saridi pada dua pekan lalu yaitu saat membersihkan rumput dan mencangkul tanah di pekarangan rumahnya Minggu 9 Oktober 2016. Uang itu dikumpulkan hingga mencapai berat 13,5 kilogram. 

"Setelah mengetahui ada beberapa keping logam tersebut, anak-anak di sekitar lokasi lantas mencari kembali," kata Teguh di Playen, Gunungkidul, Jumat (21/10/2016).

Teguh mengatakan, warga melaporkan ke pihak kepolisian pada Kamis 20 Oktober 2016 setelah mengumpulkannya. Ribuan koin itu akhirnya diamankan di Mapolsek.

Polisi masih berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) dan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul terkait temuan uang itu.

"Pada lempengan uang ditemukan huruf China dan tidak ditemukan tulisan tahun,” kata Teguh.

Sementara itu Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Gunungkidul Ristu Raharja mengaku belum mendapatkan informasi terkait temuan tersebut. Meski demikian, pihaknya akan melakukan kajian terkait uang kuno ini.

Namun menurut dia, di daerah Playen memang banyak peninggalan purbakala seperti candi dan situs purbakala masa Megalitikum.

"Kita akan turun ke lokasi dan melibatkan petugas BPCB Yogyakarta," imbuh Ristu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini