Sukses

Awas, Bandung Lebih Macet Besok

Kawasan Gedung Sate dan Jalan Asia Afrika merupakan kawasan yang akan mengalami kemacetan besok.

Liputan6.com, Bandung - Sejumlah ruas jalan di Kota Bandung, Jawa Barat, diperkirakan ‎padat pada Minggu besok, 9 Oktober 2016, karena adanya penyelenggaraan pawai Bandung Light Fest 2016. Warga yang tidak berkepentingan sebaiknya menghindari ruas jalan yang akan dilalui rombongan pawai.

Kasat Lantas Polrestabes Bandung AKBP Asep Pujiyono melalui Kanit Dikyasa AKP Dewi Khotijah mengatakan, kepadatan diperkirakan akan terjadi di titik keberangkatan dan kedatangan. Pihaknya belum menentukan ruas jalan yang akan dilakukan rekayasa.

"Untuk rekayasa lalu lintas sifatnya fleksibel, disesuaikan dengan keadaan. Tapi kepadatan akan berlangsung di titik keberangkatan dan titik kedatangan," ujar Dewi di Mapolrestabes Bandung, Sabtu (8/10/2016).

Bandung Light Fest 2016 merupakan pawai kendaraan hias yang menggunakan lampu atau cahaya sebagai ornamen hiasnya.

Kegiatan rutin tersebut tahun ini akan diikuti sekitar 75 kendaraan, perwakilan berbagai kalangan, mulai dari Pemerintah Kota Bandung beserta satuan kerja perangkat daerah, aparat kecamatan, hingga perwakilan komunitas.

Kegiatan persiapan dimulai di titik awal, sekitar kawasan Gedung Sate Jalan Diponegoro, pada sore hari. Di lokasi tersebut, kendaraan dibariskan sebelum mengikuti pawai.

Ruas Jalan Diponegoro akan ditutup untuk kedua arah di depan Gedung Sate. Namun, kendaraan dari arah Pasupati masih bisa berbelok ke kanan ke Jalan Sentot Alibasja. Ruas jalan tersebut tetap akan dibuka untuk arus lalu lintas.

Kemudian sekitar pukul 17.30 WIB, pawai kendaraan mulai bergerak ke arah barat Jalan Diponegoro, dilanjutkan dengan Jalan Ir H Djuanda, Jalan Lembong, Jalan Tamblong, dan berakhir di Jalan Asia Afrika sekitar pukul 19.00 WIB. Di titik akhir tersebut, terdapat panggung serta tempat duduk bagi tamu undangan.

"Untuk penutupan Jalan Asia Afrika, waktunya belum bisa dipastikan, karena tergantung waktu kedatangan pawai," ucap Dewi.

Di samping itu, beberapa ruas jalan di Kota Bandung saat ini tengah dilakukan perbaikan gorong-gorong, trotoar, dan pembangunan jalan layang Antapani. Dengan begitu, kemacetan akan terjadi akibat dari gelaran Bandung Light Fest sebagai rangkaian HUT Kota Bandung dan perbaikan gorong-gorong tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini