Tangki Bensin Bocor, Pemicu Kapal Sarat Turis Meledak di Bali

Oleh Dewi Divianta pada 15 Sep 2016, 23:01 WIB
Diperbarui 15 Sep 2016, 23:01 WIB
Kapal Meledak
Perbesar
Ilustrasi kapal meledak. (AFP PHOTO/Japan Coast Guard)

Liputan6.com, Denpasar - Penyebab kapal motor meledak di perairan Karangasem, Bali, diduga karena tangki bensin bocor. Selain itu terjadi korsleting di kapal yang ditumpangi 33 turis dari berbagai negara, satu nakhoda, dan empat anak buah kapal (ABK).

Kapolres Karangasem AKBP Sugeng Sudarso menuturkan, penyebab ledakan kapal motor yang dinakhodai oleh Totok Waseso adalah kebocoran tangki bahan bakar.

"Dugaan sementara dari hasil laboratorium forensik, terjadi kebocoran pada tangki BBM (bahan bakar minyak), lalu terjadi penguapan pada saat yang sama terjadi korsleting listrik," kata dia saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (15/8/2016).

Kapal motor yang membawa rombongan turis yang berangkat dari dermaga rakyat Fast Boat  Gili Cat 2, Padang Bay, Karangasem dengan tujuan Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis pagi tadi sekitar pukul 09.25 Wita.

Kapal meledak sekitar pukul 09.45 Wita yang menyebabkan dua orang tewas. Sementara 20 lainnya masih menjalani perawatan di berbagai rumah sakit di Bali.