Sukses

Main ke Pantai Malam-Malam, 4 Santri Tenggelam di Wedi Ombo

Para santri awalnya datang ke kawasan Wedi Ombo untuk bakti sosial.

Liputan6.com, Yogyakarta - Empat santri dari Ponpes Panata Gama yang beralamat di Condrowangsan, Potorono, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, tenggelam di Pantai Wedi Ombo, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta, pada Selasa pagi, 13 September 2016.

Dari keempat korban, satu orang berhasil diselamatkan. Mereka datang ke kawasan itu awalnya untuk melakukan bakti sosial hingga Senin, 12 September 2016.

Kapolsek Girisubo AKP Mustaqim mengatakan rombongan ponpes ini berangkat pada Minggu, 11 September 2016. Rombongan itu terdiri dari 30 santri laki-laki, 20 santriwati, dan tiga pendamping.

Pada Senin malam, rombongan ini berangkat menuju Pantai Wedi Ombo dan Pantai Jungwok. Santri putra langsung ke Pantai Wedi Ombo, sementara putri ke Pantai Jungwok.

"Setelah salat Subuh, para santri pria bermain air di Pantai Wedi Ombo," kata Mustaqim saat dihubungi.

Saat bermain air, keempat santri tenggelam di pantai tersebut. Empat santri itu atas nama Alam (16) kelas X asal Samarinda, Alifsyah (16) kelas X asal Balikpapan, Hade (16) kelas X asal Jakarta, dan Fikri asal Balikpapan.

"Yang selamat atas nama Fikri alamat Balikpapan. Diselamatkan di Pantai Nampu oleh petugas sekitar pukul 07.00 WIB," kata dia.

Hingga saat ini, SAR Satlinmas Korwil 1 Gunungkidul dan petugas kepolisian masih mencari para korban. Pencarian menggunakan kapal SAR. Namun begitu pemantauan melalui jalur darat juga dilakukan.

 "Saat ini ketiganya masih dilakukan pencarian. Doakan ya," kata Mustaqim.

Sementara itu, Koordinator Korwil 1 Pantai Sadeng Sunu Handoko Bayu Segoro mengatakan pencarian tiga orang yang belum ditemukan masih terus dilakukan. Pihaknya kesulitan mencari karena air Pantai Wedi Ombo keruh. Ia mengerahkan 20 anggota SAR Satlinmas di darat dan laut.

"Kita terus berupaya. Air masih keruh sehingga terkendala dalam pencarian," kata Bayu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini