Sukses

Studi Karakter Siswa SMA di Brebes Antar Kepala SD Raih Doktor

Karakter siswa SMA yang diteliti itu berkaitan dengan kemampuan pengambilan keputusan menentukan karier.

Liputan6.com, Brebes - Penelitian tentang karakter siswa di sejumlah SMA negeri di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengantar seorang guru, Muh Mahdi meraih gelar doktor dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Ia berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan para dosen penguji.

"Alhamdulillah, akhirnya kelar juga perjuangan meraih ilmu di UNJ," ucap Mahdi di Brebes, Jateng, Jumat, 9 September 2016.  

Kepala SD Negeri Rengaspendawa 01 kecamatan Larangan, Brebes dalam disertasinya menyebutkan terdapat pengaruh langsung positif harga diri dan intelegensi intrapribadi terhadap pengendalian diri. Ia juga mengatakan terdapat pengaruh langsung positif intelegensi intrapribadi dan pengendalian diri terhadap perencanaan karier.  

"Keberanian siswa untuk mengambil keputusan karier bisa dibentuk jika siswa rutin berlatih untuk mengambil keputusan," kata pria kelahiran Banyumas, 10 November 1974.  

Menurut dia, siswa akan sangat dirugikan jika siswa tidak tidak mampu mengambil keputusan karier. "Sebab karier akan terus terjadi selama pendidikan, bekerja bahkan setelah pensiun," kata Mahdi.  

Ia terbilang sukses mempertahankan disertasi yang berjudul "Pengaruh Harga Diri, Pengendalian Diri, Intelegensi Intrapribadi dan Perencanaan Karier Terhadap Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMAN di Kab. Brebes".

Dia berhasil merumuskan sebuah instrumen baku yang dapat digunakan guru Bimbingan Konseling di sekolah tentang pengambilan keputusan karier.  

"Keberhasilan ini, semoga saya semakin merunduk dan mampu mengamalkannya demi kemajuan pendidikan di Brebes," ucap lelaki yang juga Ketua PGRI Cabang Larangan Brebes itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini