Sukses

Hujan Deras Landa Sumut, 480 KK di Langkat Terdampak Banjir

Ketinggian banjir di Langkat maksimal 1 meter.

Liputan6.com, Langkat - Hujan deras mengguyur sebagian wilayah di Provinsi Sumatera Utara pada Kamis, 8 September 2016, menyebabkan meluapnya air sungai yang berada di Kabupaten Langkat.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sebanyak 480 kepala keluarga terdampak banjir di Langkat.

"Akibat banjir ini, sebanyak 480 KK terdampak, sebagian masyarakat lagi mengungsi ke tempat yang lebih aman," kata Sutopo, Jumat (9/9/2016).

Sutopo menjelaskan wilayah yang terdampak banjir akibat hujan deras adalah Kecamatan Sawit Seberang, Desa Mekar Sawit, Kelurahan Pondok dan Kelurahan Pajak Sentral. Banjir terjadi karena hujan deras dan banjir kiriman dari daerah hulu.

"Untuk kerugian sendiri belum bisa dipastikan, saat ini masih dilakukan pendataan," ucap dia.

Sutopo menuturkan, kondisi banjir sendiri pada hari ini sudah mulai surut. Tinggi Muka Air (TMA) di bagian hulu sekitar 30 hingga 50 sentimeter, sedangkan di bagian hilir sekitar 1 meter. BPBD Kabupaten Langkat sedang mendata dan mengevakuasi warga yang terdampak.

"Sudah mulai surut dan sebagian masyarakat yang mengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing," ujar Sutopo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.