Sukses

Siap-Siap, Durasi Gerhana Matahari Cincin di Yogya Hanya 10 Menit

Awal gerhana matahari cincin di Yogyakarta dimulai pukul 17.26 WIB.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gerhana Matahari Cincin (GMC) sebagian akan terlihat di 10 provinsi di Indonesia, termasuk Yogyakarta. Koordinator Pos Klimatologi BMKG Yogyakarta Joko Budiono mengatakan Gerhana Matahari Cincin adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semua cahayanya sampai ke bumi.

Di Indonesia akan terlihat hanya berupa Gerhana Matahari Sebagian. Joko mengatakan durasi melihat GMC di langit Yogya hanya sekitar 10 menit.

"Salah satunya di Yogyakarta, Gerhana mulai teramati pada saat Matahari akan terbenam. Magnitudo gerhana (maksimum piringan matahari yang tertutup bulan) sekitar 10 persen," ujar Joko, Kamis (1/9/2016).

Joko menerangkan awal gerhana di Yogyakarta akan terjadi pukul 17.26 WIB dan matahari terbenam pada pukul 17.37 WIB. "Terlihat di Yogyakarta hanya berupa Gerhana Matahari Sebagian. Lingkaran putih adalah piringan bulan. Lingkaran kuning adalah piringan matahari," ujar dia.

Sementara itu Jogja Astro Club (JAC) akan menggelar pengamatan bersama di Yogyakarta. Pendiri JAC Mutoha Arkanudin mengatakan pengamatan bersama ini dilaksanakan di Pantai Parangtritis hari ini. Komunitasnya tidak ingin melewatkan fenomena alam ini.

"Ya kelihatan sebagian 10 menit sebelum terbenam hingga terbenam. Ada nonton bareng nanti ada di Parangtritis," kata Mutoha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.