Sukses

Aksi Cepat Surabaya Kejar Target e-KTP

Di Surabaya ada 242.889 warga yang belum melakukan perekaman e-KTP dari 2.131.186 warga.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya menjalankan aksi-aksi proaktif guna percepatan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). Untuk itu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melakukan upaya jemput bola.

"Kami jemput bola dengan pelayanan keliling untuk perekaman KTP elektronik di sekolah, kampus, mal-mal, perusahaan, panti jompo, lembaga pemasyarakatan dan kelurahan," kata Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya, Suharto Wardoyo, di Surabaya, Selasa (30/8/2016).

Dispendukcapil tidak bergerak sendirian. Para camat dan lurah juga ikut berperan aktif dengan membuat surat edaran kepada ketua RW/RT agar warga yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah dan tidak sedang menetap di luar negeri, agar segera melakukan perekaman KTP elektronik paling lambat 30 September 2016.

Suharto mengatakan bahwa percepatan perekaman KTP elektronik mendesak untuk dilakukan, karena masih ada banyak warga yang ternyata belum melakukan perekaman KTP elektronik. Di Surabaya, masih ada 242.889 warga yang belum melakukan perekaman e-KTP dari 2.131.186 warga.

Upaya untuk melakukan percepatan perekaman KTP elektronik di Surabaya mengacu pada Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 471/1768/SJ tanggal 12 Mei 2016 Tentang Percepatan Penerbitan KTP elektronik dan Akta Kelahiran serta Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2013 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Presiden nomor 26 tahu 2009 tentang Penerapan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Berbasis Nomor Induk Kependudukan secara nasional.   

"Kami targetkan pada akhir September nanti sudah selesai. Artinya, warga yang belum melakukan perekaman KTP elektronik, sudah melakukannya, kecuali mereka yang berusia 17 tahun per awal Oktober," kata Suharto.

Suharto menambahkan, Pemkot Surabaya juga akan menyediakan alat cetak KTP elektronik di lima kecamatan. Yakni, Kecamatan Sawahan, Tambaksari, Semampir, Wonokromo, Kenjeran.

"Lima kecamatan itu dipilih karena berdasarkan data, cukup banyak warga yang belum merekam KTP elektronik. Jadi ini biar mereka semangat. Nanti kami juga tambah di Kecamatan Krembangan," ucap Suharto.

Suharto berharap warga Kota Surabaya yang belum merekam KTP elektronik, diimbau untuk segera melakukan perekaman KTP elektronik. Sebab, mulai awal Oktober 2016 nanti, warga yang belum melakukan perekaman e-KTP tidak akan bisa mendapatkan pelayanan dari instansi pemerintah, pemerintah daerah, lembaga perbankan dan swasta yang berkaitan dengan dan tidak terbatas pada perizinan, usaha, perdagangan dan asuransi.
 
"Yang penting lakukan perekaman dulu, meskipun belum jadi. Tetapi, kalau sudah rekam, Nomor Induk Kependudukan (NIK) nya kan sudah terekam," ujar Suharto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini