Sukses

Banjir Bandang Rendam Desa di Kalsel, 300 Rumah Tergenang

Luapan banjir juga menggenangi bahu jalan, pasar, dan perumahan dengan ketinggian antara 40 cm hingga dua meter.

Liputan6.com, Jakarta - Banjir bandang menerjang Kalimantan Selatan. Desa Alat, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan terendam pada Minggu 28 Agustus 2016 sekitar pukul 18.00 Wita.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (disingkat BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menuturkn, banjir bandang ini terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya Sungai Hantakan yang berada di kaki gunung.

Akibat banjir bandang ini sekitar 300 rumah di pinggiran sungai terendam.

"Hujan deras menyebabkan banjir bandang menerjang Desa Alat. Korban jiwa nihil," kata Sutopo dalam pernyataan tertulisnya, Senin (29/8/2016).

Dia mengatakan, luapan banjir juga menggenangi bahu jalan, pasar, dan perumahan dengan ketinggian antara 40 cm hingga dua meter. Saat ini jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih berada di lokasi untuk melakukan pendataan dan evakuasi lebih lanjut.

"Saat ini hujan mulai reda," kata Sutopo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini