5 Lokasi Seru Menanti Matahari Terbit di Yogyakarta

Oleh Liputan6 pada 28 Agu 2016, 11:05 WIB
Diperbarui 28 Agu 2016, 11:05 WIB
Candi Ratu Boko
Perbesar
Candi Ratu Boko. foto: Yogyakarta.com

Liputan6.com, Sleman - Warga Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menawarkan tempat seru bagi wisatawan untuk menantikan matahari terbit. Objek wisata tersebut dinamakan Batu Papal.

"Letaknya ke arah timur dari Candi Ijo sekitar 500 meter. Itu dikelola masyarakat, untuk menikmati sunrise," kata Ketua Desa Wisata Sambirejo, Prambanan, Kholiq Widiyanto, dilansir Antara, Sabtu, 27 Agustus 2016.

Menurut dia, selain Batu Papal, dua tahun terakhir ini juga dirintis Spot Riyadi dan Taman Tebing Breksi untuk menikmati momen memandangi matahari terbit dan tenggelam.

"Kalau dua tempat tersebut masyarakat bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise," kata dia.

Ia mengatakan, tanggapan masyarakat atas rintisan lokasi wisata ini juga cukup baik. Terbukti, ratusan pengunjung datang di hari biasa.

"Belum saat akhir pekan atau libur biasa, wisatawan yang berkunjung bisa sampai ribuan," ujar dia.

Kholiq mengatakan, hal tersebut membawa dampak yang cukup baik bagi masyarakat setempat. Perekonomian masyarakat menjadi lebih mapan jika dibandingkan sebelumnya.

"Dulu banyak masyarakat setempat yang bekerja di pabrik atau penambang batu putih, sekarang menjadi pelaku wisata. Kalau di Breksi, setidaknya sudah ada enam orang yang memilih untuk lepas dari pekerjaan sebelumnya di pabrik. Pemasukannya setidaknya bisa sama, tapi pekerjaannya kan tidak berat," tutur dia.

Ia mengatakan, komitmen masyarakat dalam membangun wisata di daerahnya harus terus dijaga agar dapat melayani pengunjung sebaik-baiknya, sehingga wisatawan merasa terpuaskan.

"Kalau baik, mulut hanya bilang ke satu orang. Tapi kalau buruk, dibicarakan ke sepuluh orang. Itu ibaratnya, jadi harus tetap dijaga," kata dia.

Ketua Desa Wisata Bokoharjo, Prambanan, Sadi mengatakan ada suatu tempat khusus yang bisa menikmati Candi Ratu Boko saat matahari terbit.

"Dari ketinggian, bisa melihat Ratu Boko, saat matahari terbit waktu yang pas. Biasanya, wisatawan yang ingin menikmatinya langsung menghubunginya. Menantikan waktu, karena harus berangkat pukul 04.00 WIB," katanya.

Ia mengatakan, selain itu juga ada Batu Tlasar di jarak 200 meter timur Candi Miri, Prambanan, yang berupa tebing yang bisa menikmati kawasan Kabupaten Sleman serta Kabupaten Klaten.