Sukses

Gajah pun Khidmat Ikuti Upacara HUT ke-71 RI

Tak hanya berdiri tegak, para gajah asal Sumatera itu juga ikut menghormat pada Sang Merah Putih.

Liputan6.com, Gianyar - Kegembiraan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia (RI) diwujudkan dalam beragam cara. Salah satunya menyelenggarakan upacara bendera yang diikuti empat ekor gajah di Bali Safari and Marine Park.

Para gajah secara khidmat mengikuti upacara meski gerimis turun. Mereka adalah Theresa (29), Bella (27), Manis (23), dan Arlie (22).

Tak hanya berdiri tegak, para gajah betina asal Sumatera itu juga ikut hormat begitu Sang Saka Merah Putih dikibarkan. Jika manusia menaikkan tangan kanan ke pinggir pelipis mata, gajah-gajah itu melingkarkan belalai panjang mereka sebagai tanda penghormatan.

"Saya melatih mereka dalam waktu dua hari," kata Putri, penjaga para gajah di Gianyar, Bali, Rabu (17/8/2016).

Tak ada kesulitan dalam melatih gajah-gajah itu. Yang diperhatikannya adalah rasa bosan. "Kalau mereka sudah tampak tak tenang, barisannya tidak rapi, kita saja sebagai keeper mundur ke belakang untuk merapikan barisan," jelas dia.

General Manager Bali Safari and Marine Park (BSMP) William ‎Santoso menuturkan, peringatan Hari Kemerdekaan RI setiap tahun diadakan di ‎BSMP. Tak hanya peringatan HUT RI, William mengaku sering melibatkan hewan di BSMP dalam acara penting lainnya.

"Setiap tahun kita mengadakan upacara memperingati HUT RI.‎ ‎Kami memang melibatkan satwa dalam acara ini. Di antaranya gajah, ular, burung dan beberapa satwa lainnya," kata William di Gianyar.

"Kebetulan hari ini bertepatan dengan hari purnama, nanti kita akan libatkan mereka pada perayaan itu. Atau pas hari raya besar kita juga selalu libatkan mereka‎," sambung dia.

Menurut William, ia memiliki alasan ‎melibatkan binatang-binatang penghuni BSMP dalam peringatan kemerdekaan Negara Indonesia. "Secara langsung kami ingin tunjukkan keberadaan satwa menjadi bagian dari seluruh kegiatan ini," tutur William.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.