Ayo Selfie Bareng Tank dan Panser di Mal Jogja

Oleh Switzy Sabandar pada 17 Agu 2016, 06:06 WIB
Diperbarui 17 Agu 2016, 06:06 WIB
Parkir di Mal Jogja, Tank dan Panser Laku Jadi Latar Selfie
Perbesar
Selain selfie, warga Jogja juga bisa bertanya-tanya soal tank dan panser kepada petugas. (Liputan6.com/Switzy Sabandar)

Liputan6.com, Yogyakarta - Ratusan alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI dipajang di Jogja City Mall pada Senin - Rabu (15/8/2016 - 17/8/2016). Di antara sekian banyak alutsista yang dipamerkan, tank Leopard dan panser Anoa menjadi sasaran jepretan kamera ponsel pengunjung mal.

Kegiatan bertajuk Independence Day Military Expo 2016 itu digelar untuk memeriahkan HUT ke-71 RI. Dalam acara ini, Kodam IV/Diponegoro mengerahkan Yonif Raider 400/BR, Yonkav-2/Tank, Yonarmed 3 105/T, Yonarhanudse-15, Yonzipur-4/TK, Kikavser 2/BS, dan Ajenrem 072/Pmk.

Kopassus juga menampilkan senjata berupa pistol mitraliur, senapan serbu, shotgun, senjata otomatis, senjata bakduk, dan senjata di rantis. Selain senjata, Kopassus juga mengerahkan Aloptik, Alhub, perlengkapan paska, multimedia, bekang, alsatri, dan kendaraan MRCV.

"Alutsista yang berukuran besar diletakkan di halaman mal, sedangkan yang berukuran kecil ada di 22 stan yang dibuka di dalam mal,"  ujar Letkol Inf Riyanto, Kasi Operasi Korem 072 Pamungkas, dalam jumpa pers di Jogja City Mall, Senin, 15 Agustus 2016.

Yogya merupakan kota kedua setelah Solo yang menjadi lokasi pameran alutsista. Kota berikutnya yang akan didatangi adalah Semarang.

Jumlah alutsista yang dipamerkan, kata dia, kurang dari 50 persen dari total senjata milik Indonesia. "Ini hanya contoh di setiap jenis, tidak semua dipajang karena jelas tidak muat," kata Riyanto.

Ia menuturkan, kegiatan ini sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah karena rakyat sudah membayar pajak dan sebagian digunakan untuk pengadaan alutsista. Mal, kata Riyanto, dipilih karena menjadi lokasi dengan konsentrasi massa terbesar sehingga pameran bisa lebih efektif.

"Ada rencana sebelumnya di JEC atau Monumen Jogja Kembali, tetapi ternyata massa lebih banyak di mal," ucap dia.

Ia berharap acara ini dapat mendekatkan alutsista yang selama ini kurang bisa dilihat masyarakat dapat memberi kesan ramah terhadap rakyat. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih banyak tentang alutsista, lanjut dia, dapat bertanya ke petugas yang menjaga stan.

Maria Pratiwi (22), salah satu pengunjung mengaku takjub melihat alutsista milik Indonesia. Ia belum pernah melihat tank Leopard dari jarak begitu dekat.

"Bahkan, saya bisa pegang dan foto di atasnya," tutur dia yang berencana mengunggah foto berlatar Leopard di sosial media ini.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya