Sukses

Kinclongnya Mobil RI 1 Bung Karno Pemberian Presiden Rusia

Limosin yang pernah digunakan Bung Karno sebagai mobil kepresidenan itu hanya ada tiga unit di dunia.

Liputan6.com, Denpasar - Bodinya masih kinclong atau mulus, tampilannya megah. Aura kewibawaan masih tampak, sekalipun mobil itu tampak tua. Ya, limosin itu adalah pernah digunakan Presiden Pertama RI Sukarno alias Bung Karno.

Mobil Yanka Limousine itu buatan tahun 1959. "Mobil ini hanya ada tiga unit di dunia dan salah satunya ada di Indonesia," ucap Ketua Panitia Bali Classic Motor Show, I Wayan Sudana di Kota Denpasar, Senin, 15 Agustus 2016.

Pameran menyambut HUT ke-71 RI yang berlangsung sejak 14 hingga 21 Agustus mendatang itu menampilkan salah satu mobil yang pernah digunakan salah satu pendiri republik ini. Mobil itu diberikan oleh Presiden Rusia kala itu, Nikita Khrushchev, langsung kepada Bung Karno.

"Dua mobil lainnya ada di Thailand dan Amerika Serikat," tutur Sudana.

Namun, dari tiga limosin tersebut hanya mobil yang berada di Indonesia saja yang kondisinya masih bagus. "Masih terawat dengan baik dan bisa jalan," sebut Sudana.

Adalah Budi Santosa asal Surabaya, Jawa Timur yang berhasil menyelamatkan mobil legendaris tersebut. Namun, Budi sendiri tak hadir pada pameran itu. Sementara, Sudana tak tahu persis bagaimana Budi Santosa mendapatkan mobil berpelat nomor B 1970 RV itu.

Menurut Sudana, sudah barang tentu hal tersulit dari perawatan itu adalah ketersediaan spare part. Mengingat mobil ini hanya ada tiga unit di dunia dan mobil keluaran lawas.

Salah satu mobil yang pernah digunakan Presiden Pertama RI Sukarno, Yanka Limousine buatan 1959, dipamerkan di Denpasar, Bali. (Liputan6.com/Dewi Divianta)

"Mobil ini masuk ke Indonesia tahun 1961. Untuk perawatan pak Budi (Budi Santosa) yang tahu. Tapi menurut saya, spare part yang sulit didapat itulah salah satu kesulitan merawatnya," kata dia.

Adapun pantauan Liputan6.com, warga begitu antusias ber-selfie ria di depan mobil Bung Karno bermesin matic 7.000 cc itu. Mereka berebutan sekadar berfoto selfie berlatar limosin legendaris tersebut.

Tak sedikit pula yang mencoba mengintip ke dalam mobil. Terutama, membayangkan bagaimana dahulu Bung Karno atau Sang Putra Fajar duduk di dalam mobil itu.

Ambi, pengunjung asal Jakarta, mengaku mendapat pengetahuan baru dari pameran yang di antaranya menampilkan mobil Bung Karno ini. "Saya baru tahu ini mobil Bung Karno dan cuma ada tiga di dunia. Ingin rasanya duduk di dalam mobil itu sambil membayangkan betapa gagahnya Bung Karno. Tapi, tidak diizinkan oleh panitia," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.