Sukses

Tour D'Keraton Dongkrak Potensi Wisata Cirebon

Tour D’Keraton akan menggabungkan sejumlah unsur aktivitas wisata. Yakni, jalan sehat, sepeda santai, dan pengenalan tujuan wisata di Cireb

Liputan6.com, Cirebon - Cirebon merupakan daerah di Timur Jawa Barat memiliki potensi wisata dan budaya yang masih tersembunyi. Beragam kegiatan pun mulai bermunculan dalam upaya menjadikan daerah pantura ini sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Barat maupun di Indonesia. Salah satunya melalui gelaran Tour D'Keraton pada September mendatang.

Kegiatan yang menargetkan sekitar 3.000-4.000 peserta ini merupakan salah satu harapan untuk mengangkat potensi wisata di Wilayah III Cirebon (Kota/Kabupaten Cirebon, Majalengka, Indramayu, dan Kuningan).

Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat mengatakan, Tour D’Keraton akan menggabungkan sejumlah unsur aktivitas wisata. Yakni, jalan sehat, sepeda santai, dan pengenalan tujuan wisata di Cirebon.

"Seluruh peserta akan melewati beberapa situs bersejarah yang ada di Cirebon," ucap Sultan Kasepuhan, Sabtu 13 Agustus 2016.

Dia menjelaskan, Tour D'Keraton memperkenalkan potensi wisata yang dimiliki Cirebon sekaligus mendongkrak minat masyarakat untuk mengenal dan menjaga kekayaan budaya daerah miliknya sendiri.

"Tour D'Keraton akan dilaksanakan pada hari Minggu, 4 September 2016. Kegiatannya jalan sehat dan sepeda santai, untuk masyarakat umum," tutur Sultan Kasepuhan.

Ia optimistis Tour D'Keraton akan meningkatkan volume kunjungan wisata baik dari domestik maupun asing. Hal ini juga akan berdampak positif bagi perekonomian penjual kuliner khas Cirebon, kerajinan tangan, oleh-oleh, dan lainnya.

Rute jalan sehat dan sepeda santai akan melewati sekitar lima gedung bersejarah, dua gereja tertua di Cirebon, wisata pantai, dan melewati pusat-pusat kuliner di Cirebon.

Sementara itu, Ketua Panitia Tour D'Keraton Sugiyo mengatakan, bagi masyarakat yang hendak berpartisipasi mengikuti kegiatan ini cukup membayar tiket sebesar Rp 15 ribu, dengan total hadiah puluhan juta rupiah. "Hadiah utama sepeda motor, selain itu masih banyak hadiah menarik lainnya."

Jalan sehat dan sepeda santai ini akan mengambil start di halaman RRI Cirebon pada pukul 07.00 WIB dan finis di Keraton Kasepuhan Cirebon. "Sepeda santai akan menempuh rute sepanjang 22 kilometer dan jalan sehat menempuh rute 13 km. Kita target peserta sebanyak 3.000-4.000 orang," Sultan Kasepuhan Cirebon memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini