Sukses

Rahasia Jenderal Sudirman Kuat Gerilya Berbulan-bulan

Selama bergerilya, Sudirman tidak pernah tertangkap Belanda meski memimpin dalam keadaan sakit.

Liputan6.com, Yogyakarta - Jenderal Sudirman memimpin perang gerilya melawan Belanda sejak Desember 1948 hingga Juli 1949. Selama berperang, ia tidak pernah tertangkap tentara Belanda. Hal itu seringkali menimbulkan pertanyaan apakah Pak Dirman memiliki pegangan tertentu atau jimat.

"Asumsi itu muncul karena Sudirman memimpin gerilya dalam keadaan sakit, ditandu, dan berjalan lebih dari 1.000 kilometer," ujar Sardiman, sejarawan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), kepada Liputan6.com, Kamis, 29 Juli 2016.

Dia menuturkan, dalam sebuah sambutan acara Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo pernah menjabarkan rahasia kesaktian Sudirman selama perang gerilya.

Sudirman pernah ditanya oleh anak buahnya soal kesaktiannya. Sudirman menjawab sambil tersenyum bahwa dia tidak pernah "gantung wudu". Artinya, dia selalu berwudu.

Di lain waktu, setiap bertemu dengan penduduk desa, dia selalu minta air di dalam kendi.  Menurut Sardiman, hal itu menerbitkan anggapan jika kekuatan Sudirman terletak pada kendi yang diberikan. Namun, hal itu tidak pernah dikatakan apalagi dibenarkan oleh Sudirman.

Dia juga berprinsip tidak pernah meninggalkan salat dalam keadaan apa pun. Jika tidak bisa berdiri, ia salat dalam keadaan duduk. Jika tidak bisa duduk, salat dilakukan dengan berbaring.

"Prinsip lain Sudirman adalah dia selalu ikhlas berjuang untuk rakyat," tutur Sardiman.

Ia juga mengungkapkan ada versi lain soal kesaktian Sudirman, yakni dia selalu membagikan perbekalannya kepada penduduk desa yang kekurangan. Perhiasan istrinya habis terjual untuk dijadikan modal bergerilya.

Semasa muda, kata Sardiman, Sudirman juga rajin berpuasa. Sikap prihatinnya juga tampak ketika dia menghadapi masalah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini