Sukses

Ragam Versi tentang Sosok Ayah Kandung Jenderal Sudirman

Meski keluarga bersuara, ada keraguan jika Jenderal Sudirman anak tunggal.

Liputan6.com, Yogyakarta - Perdebatan tentang siapa ayah kandung Jenderal Sudirman masih bergulir. Versi keluarga mengatakan Sudirman merupakan anak kandung Raden Tjokrosunarjo, sementara materi sejarah yang dipelajari di sekolah mengatakan Sudirman adalah anak angkat Raden Tjokrosunarjo dan anak sulung dari pasangan Kartawiradji dan Karsi.

Sejarawan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sardiman mengungkapkan banyak versi tentang silsilah Sudirman. Menurut dia, hal itu tidak bisa dilepaskan dari sosok besar Jenderal Sudirman yang memancing banyak orang yang dekat dengannya berbicara dan merasa paling mengerti kehidupan Sudirman.

"Saya sebagai akademisi, sudah melakukan riset dan hasil yang ditemukan mirip dengan riset yang dilakukan TNI AD, yakni Sudirman bukan anak tunggal Tjokrosunarjo, melainkan anak angkat," ujar Sardiman saat ditemui Liputan6.com, Kamis (28/7/2016).

Dari wawancara dengan para saksi, Tjokrosunarjo bekerja sebagai asisten wedana di salah satu daerah di Purbalingga, sedangkan Kartawiradji adalah penjual genteng yang berasal dari Banyumas.

Ia menguraikan ada beberapa versi soal kelahiran Sudirman yang membuat orang menjadi bias tentang silsilahnya.

Pertama, kakak Karsi adalah istri dari Tjokrosunarjo. Ketika ibunda Sudirman hamil tua, ia mengunjungi rumah kakaknya dan melahirkan di sana.  Tjokrosunarjo yang belum memiliki keturunan akhirnya mengangkat Sudirman sebagai anaknya.

Versi lain menceritakan ayah Sudirman meninggal tak lama setelah adik Sudirman, Muh Samingan, lahir. Kemudian, istri Tjokrosunarjo yang merupakan kakak dari Karsi pun menengok keluarga adiknya. Ketika itulah, ia memutuskan untuk mengadopsi Sudirman.

"Dari riset juga ada adik kandung Sudirman sehingga sulit dikatakan ia anak tunggal Tjokrosunarjo," ucap Sardiman.

Meskipun demikian, Sardiman tidak menyalahkan versi mana pun yang menceritakan latar belakang Sudirman. Yang terpenting dari sosok ini adalah ketokohannya yang menginspirasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.