Wow, Daerah Eksotis di Sulawesi Ini Punya 6 Ikon

Oleh Ahmad Yusran pada 22 Jul 2016, 09:09 WIB
Diperbarui 22 Jul 2016, 09:09 WIB
Pangkep, Sulsel
Perbesar
Bandeng isi yang satu ini sangat lezat meski pembuatannya agak merepotkan

Liputan6.com, Makassar - Siapa sangka, ada daerah eksotis di Sulawesi Selatan yang memiliki banyak ikon. Daerah yang dimaksud, yakni Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan atau lebih dikenal dengan sebutan Pangkep.

Pangkep tidak hanya dikenal dengan Kabupaten Tiga Dimensi karena memiliki struktur wilayah berupa daratan, pegunungan, dan kepulauan. Berikut 6 ikon lainnya:

1. Kota Bandeng

Karena sebagian wilayah daratannya merupakan area tambak yang menghasilkan ikan bandeng. Penduduk setempat menyebutnya dengan nama 'Ikan Bolu'. Makanya ikan bakar bandeng merupakan menu utama jika berkunjung ke daerah ini.

2. Kota Jeruk

Banyak jeruk ditemukan di kabupaten ini. Jenis jeruk yang tumbuh di daerah ini, seperti jeruk merah, jeruk putih, dan jeruk gula-gula. Dari tiga jenis ini, jeruk putih yang memiliki rasa dan aroma yang paling khas.

3. Kota Sop Saudara

Karena kuliner berkuah ini adalah khas Pangkep. Berupa hidangan berkuah berbahan dasar daging sapi yang disajikan bersama bihun, perkedel kentang, dan telur rebus. Dan sop ini mempunyai sejarah panjang sehingga dinamai dengan sop saudara, kependekan dari: saya orang pangkep saudara.

Dengan nama tersebut, siapa saja yang makan di tempat itu akan merasa bersaudara dengan pemilik, pelayan, dan sesama penikmat sop saudara.

4. Kota Dange

Penganan khas dari kabupaten ini dibuat dari beras ketan hitam, parutan kelapa, dan gula merah. Cara membuatnya sangant unik karena cetakan kue terbuat dari tanah liat yang dibakar.

Orang lokal Pangkep menyebutnya dengan sebutan dange. Penganan ini banyak dijumpai di sepanjang jalan trans Sulawesi.

2 dari 2 halaman

Kota Semen-Pegunungan Karst

5. Kota Semen

Di kabupaten inilah penghasil semen Tonasa berasal. Tepatnya berada di Desa Biringere, Kecamatan Bungoro. PT Semen Tonasa adalah salah satu produsen semen terbesar di Indonesia yang beroperasi sejak 1968 dan menjadi salah satu pemasok semen untuk wilayah Indonesia Timur.

6. Kota Pegunungan Karts

Di kabupaten ini terletak batu karst yang terbentang sampai ke Kabupaten Maros, termasuk kawasan Taman Nasional Bantimurung dan Bulusaraung. Pegunungan Karts ini merupakan Pegunungan Karst terbesar kedua di dunia setelah Guangzhou, China.

Dengan total luas sekitar 43.750 hektare, kawasan ini memiliki 286 gua dengan lebih dari 30 gua pra-sejarah.

Kabupaten yang luas daratannya hampir sama dengan Kota Jakarta ini dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan Jumpa, Bakti dan Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) tingkat nasional 25-31 Juli 2016.

Pembina PMR Kabupaten Pangkep Jufri berharap, dengan dipilihnya Pangkep sebagai lokasi penyelenggara Jumbara Nasional akan menambah pendapatan asli daerah melalui sektor pariwisata.

"Yang utama itu baru enam unggulan Pangkep yang belum semua pihak tahu. Dan sebenarnya masih banyak objek atau spot wisata lainnya di kabupaten kami," kata Jufri kepada Liputan6.com di Makassar, Sulsel.

Menurut Jufri, peserta Jumbara Nasional akan menyesal jika tidak menikmati enam ikon unggulan Kabupaten Pangkep.

Sebanyak 24 anggota PMR dari 10 perhimpunan negara lain bakal turut serta dalam acara ini. Mereka, yakni Vietnam, Thailand, Kamboja, Pulau Solommon, Timor Leste, Brunei Darussalam, India, Jepang, Myanmar, dan Filipina.

Lanjutkan Membaca ↓