Sukses

Pesan Joker di 3 Situs Polda DIY yang Diretas

Wajah Joker sedang tertawa menghiasi tiga laman resmi Polda DIY.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tiga laman resmi milik Polda DIY diretas pihak tak dikenal. Ketiga laman itu adalah tribratanewsjogja.com, http://polresjogja.com/, dan http://jogja.polri.go.id/.  

Laman tersebut seharusnya menampilkan berbagai berita tentang polisi. Tetapi, layar laman yang didominasi warna hitam itu menampilkan foto Joker tertawa. Penampilan musuh Batman itu diiringi lagu instrumental.

Tulisan berbahasa Inggris kemudian menghiasi layar laman yang diretas. Tulisan itu berbunyi, "'Why So Serious?'  Introduce a little anarchy, and everything becomes CHAOS,  Great You've shown us how justice works, Improve your brutality, Sir."

(Kenapa begitu serius? Perkenalkan sedikit anarki dan semuanya menjadi rusuh. Bagus. Anda memperlihatkan bagaimana keadilan bekerja. Tingkatkan kebrutalanmu, Pak)

Pada akhir tulisan, peretas yang di antaranya menyebut diri Sultanhaikal, M@db100d dan ReCOded itu menyatakan bahwa mereka bukanlah separatis.

Belakangan, laman tribratanewsjogja.com mulai bisa diakses sekitar pukul 9.55 WIB. Namun, laman http://polresjogja.com/ dan http://jogja.polri.go.id/ masih belum pulih. 

Kabid Humas Polda DIY AKBP Anny Pudjiastuti saat dikonfirmasi membenarkan jika web milik polisi sedang dibobol peretas. Pihaknya mengupayakan sesegera mungkin perbaikan di ketiga portal tersebut.

"Saat ini baru dipulihkan," kata Anny, Senin (18/7/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.