Sukses

Tamu Tak Diundang Bikin Kaget PNS Kantor Pemkot Bandar Lampung

Tamu tak diundang itu jarang menampakkan diri di luar musim kemarau.

Liputan6.com, Bandar Lampung - Sekawanan kera mendatangi halaman Kantor Pemerintah Kota (pemkot) Bandar Lampung sehingga mengejutkan sebagian aparatur sipil negara (ASN). Berdasarkan pantauan, sekawanan kera bergelantungan di sejumlah pohon yang ada di perkantoran Pemkot Bandarlampung.

Sejumlah pegawai pun mengaku terkejut karena selama ini belum pernah terjadi. "Tidak pernah terjadi hal yang seperti ini selama lima tahun saya bekerja," kata Tito, seorang pegawai Pemkot seperti dilansir Antara, Jumat (15/7/2016).

Dia mengatakan, monyet atau kera yang seperti ini biasanya ada di Taman Hutan Kera, yang lokasinya memang tidak jauh dari kantor pemkot.

Sementara, Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Lampung, Hendrawan, mengatakan fenomena ini memang cukup aneh sebab monyet masuk ke lingkungan manusia biasanya terjadi saat musim kemarau.

"Biasanya selain di Taman Hutan Kera, monyet-monyet itu datang ke penduduk atau ke permukiman biasanya terjadi di musim kemarau karena kekurangan makanan," kata dia.

Dia mengatakan, ada dugaan memang kawanan monyet ini berasal dari Taman Hutan Kera yang datang lantaran kekurangan pasokan makanan.

"Bisa jadi karena semakin terdesaknya wilayah habitat lantaran pertumbuhan permukiman atau tingkat populasi bisa membeludak. Ini bisa dikurangi dengan cara dipindahkan, tapi bukan dengan suntik kebiri seperti yang sempat diusulkan beberapa waktu lalu," kata dia.

Ia berharap pemkot memberikan pengelolaan secara baik terhadap keberadaan ratusan kera ini.

"Pemkot harus lakukan pengelolaan secara baik dengan kasih makan, (dan) pemeliharaan habitat," kata Hendrawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini