Sukses

Kepanasan Jaga Mudik di Cirebon, Anjing Pelacak Minum 2 Liter Air

Kondisi cuaca yang panas memengaruhi stamina anjing pelacak yang berjaga di Cirebon.

Liputan6.com, Cirebon - Kedatangan anjing pelacak di Stasiun Cirebon cukup menarik perhatian penumpang yang hendak mudik menggunakan kereta api. Pantauan Liputan6.com dari Stasiun Kejaksan Cirebon, anjing pelacak yang berjaga di pintu masuk peron tersebut sering membuat kaget pengunjung.

Bersama petugas K-9 Polda Jabar, anjing pelacak spesialis pendeteksi bahan peledak dan narkoba tersebut malah menarik perhatian penumpang. "Awalnya kaget karena tidak biasanya ada anjing pelacak di stasiun," ujar salah seorang penumpang, Yani, Minggu, 10 Juli 2016.

Dalam penjagaannya, anjing pelacak berbagi tugas. Satu anjing berjaga di pintu masuk, satu anjing lagi memantau kondisi di stasiun. Yani mengaku menyadari keberadaan anjing pelacak tersebut karena mengantisipasi adanya aksi kejahatan di Cirebon.

Selama mengamankan stasiun, anjing pelacak tersebut harus bertarung dengan cuaca panas di Cirebon. Penjaga anjing pelacak harus memenuhi kebutuhan minum mereka agar stamina anjing terjaga.

"Ini saja pertama kali datang sudah minum air sampai dua liter karena panasnya Cirebon," kata petugas K-9 Polda Jabar Ipda Asep Permana.

Kendati demikian, Asep memastikan kondisi cuaca di Cirebon tidak berpengaruh terhadap kinerja anjing pelacak yang mengawal keamanan Stasiun Cirebon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini