Sukses

Pantai Favorit Sulsel Ini Awalnya Hanya untuk Selonjoran Nelayan

Pantai Ujung Batu kini jadi salah satu pantai favorit di Sulsel.

Liputan6.com, Barru - Usai merayakan Idul Fitri 1437 Hijriah bersama keluarganya, kini masyarakat di Sulawesi Selatan kembali memanfaatkan waktu liburan panjang Lebaran. Salah satunya bertandang ke tempat wisata Pantai Ujung Batu di Jalan Sumpan Binange, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

"Di sini yang menjadi daya tarik pasir halusnya yang bersih, banyak pengunjung datang selain menyelam dan bermandian juga untuk foto sunset yang sangat jelas serta berfoto-foto di atas perahu phinisi nelayan," kata Kepala Seksi Pengelola Ujung Batu, Barru, Sulsel, Amir kepada Liputan6.com, Jumat 8 Juli 2016.

Pantai Ujung Batu awalnya bukan objek wisata. Pantai ini hanya jadi tempat peristirahatan para nelayan usai melaut. Namun lanskapnya indah, Pantai Ujung Batu kemudian disulap menjadi tempat wisata dan hingga kini menjadi salah satu destinasi wisata pantai favorit di Sulsel.

Pengelolaan wisata Pantai Ujung Batu mulai sejak tahun 2003 oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Barru. Hanya dengan polesan sedikit, Pantai Ujung Batu kini menjadi incaran wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Alhamdulillah di sini selalu ramai apalagi liburan Lebaran. Banyak pengunjung berdatangan dari Kabupaten Pangkep, Sidrap, Soppeng, Maros, Makassar, Bantaeng hingga Kabupaten Tana Toraja," kata Amir.

Pantai Ujung Batu jadi favorit di Sulsel (Liputan6.com /  Eka Hakim)

Selain fasilitas alam, Dinas Pariwisata Kabupaten Barru juga menyediakan sarana bermain buatan di antaranya outbound dan pondok-pondok tempat peristirahatan. "Itu sebagai pelengkap makanya kita juga butuh bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulsel untuk terus melengkapi sarana wisata di pantai Ujung Batu ini," ujar Amir.

Salah satu pengunjung, Rasyid (35) mengakui terpukau dengan pemandangan alam pantai itu. "Saya baru coba setelah mendengar informasi dari orang-orang katanya ada tempat wisata di daerah Barru sangat bagus," kata warga Kabupaten Pangkajene Kepulauan itu.

Rasyid berharap kepada pengelola dan Pemerintah Kabupaten Barru agar terus memperhatikan tempat wisata. Pemerintah sebaiknya menambah segala fasilitas di tempat wisatanya agar pengunjung tidak bosan datang ke Pantai Ujung Batu, Barru, Sulsel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini