Aksi Simpatik Mahasiswi Cantik di Pelabuhan Soeta

Oleh Eka Hakim pada 05 Jul 2016, 07:07 WIB
Diperbarui 05 Jul 2016, 07:07 WIB
Cek Kesehatan Pemudik
Perbesar
Sejumlah mahasiswi Fakultas Kedokteran UMI Makassar mengecek kesehatan para pemudik, pegawai dan karyawan serta para buruh yang beraktivitas di Pelabuhan Soekarno-Hatta. (Liputan6.com/Eka Hakim)

Liputan6.com, Makassar - Dengan cekatan paramedis cantik asal Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mengecek kesehatan para pemudik, pegawai dan karyawan serta para buruh yang beraktivitas di Pelabuhan Soekarno-Hatta (Soeta), Makassar, Sulawesi Selatan, jelang Idul Fitri 1437 H.

Salah seorang paramedis, Dian Eka Saputri mengatakan, ia bersama dua rekannya yang juga berasal dari FK UMI Makassar bersiaga di posko mudik di Pelabuhan Soeta sejak Sabtu 2 Juli 2016.

Menurut dian, keikutsertaan FK UMI dalam Operasi Ramadniya khususnya untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada para pemudik jelang Lebaran. Tak hanya didirikan di Pelabuhan Soeta, posko kesehatan juga terdapat di Pasar Daya dan Bandara Internasional Hasanuddin, Makassar.

"Kami memberikan pelayanan kesehatan gratis serta obat yang gratis juga. Jadi di posko ini baik penumpang kapal, karyawan, sekuriti serta para buruhi bisa periksakan diri. Di antaranya cek gula darah, asam urat serta tekanan darah," ucap Dian di lokasi, Senin, 4 Juli 2016.

Setelah para pasien diperiksa, menurut Dian, mereka diberi obat gratis. Bila sakitnya parah, pasien dirujuk ke rumah sakit.

Ternyata, banyak pasien yang umumnya karyawan dan buruh Pelabuhan Soeta Makassar menderita diabetes. "Sementara pemudik atau penumpang kapal ada yang menderita asam urat atau sering kesemutan. Hal itu karena aktivitas kerjaan yang sangat padat apalagi jelang Lebaran ini," Dian menerangkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya