Sukses

Ngaji 1 Juz Alquran Dapat Parsel Lebaran

Hadiah parsel Lebaran berkat kerja sama dengan Pelindo III dan Komunitas One Day One Juz.

Liputan6.com, Surabaya - Pembagian takjil jelang buka puasa di bulan Ramadan dikemas dalam program Suka Sajadah oleh Kepolisian Resor Pelabuhan Tanjung Perak (KP3) Surabaya di depan Masjid Mujahidin, Jalan Perak Barat Nomor 275, Surabaya, Jawa Timur.

Program Suka Sajadah tersebut menurut Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Takdir Mattanete merupakan kepanjangan dari Surat Lengkap Baca Satu Juz Dapat Hadiah.

"Program ini yang kami harapkan kepada masyarakat pengguna jalan raya melengkapi surat berkendara, STNK, SIM, atau kelengkapan berkendara yang lain mereka yang melintas di jalan raya ini berhak mendapatkan takjil," ucap AKBP Takdir Mattanete di Surabaya, Selasa, 14 Juni 2016.

Selain itu ada tawaran menarik lainnya dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak dengan memberikan parsel Lebaran berkat kerja sama dengan Pelindo III dan Komunitas One Day One Juz.

"Mereka pengguna jalan raya bagi pengendara yang melintas juga kami tawari untuk mengaji satu juz Alquran di depan trotoar Masjid Mujahidin setelah memperlihatkan kelengkapan surat berkendara, dan kami berikan parsel," tutur mantan Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya ini.

Program ini diharapkan berjalan terus. "Selain sebagai pengingat agar pengendara motor selalu siap membawa kelengkapan berkendara," ujar pria yang akrab disapa Nette Boy ini kepada Liputan6.com.

Riyanto, warga Teluk Nibung salah satu pengendara yang ditemui Liputan6.com saat pemeriksaan mengakui dirinya ditawari apakah bisa baca atau hafal Alquran.

Pria itu tersenyum kecil dan justru mengatakan lebih baik istrinya saja.

"Saya memang setiap sore hari melintas di jalan ini untuk menjemput istri saya dan kebetulan sore ini ada pemeriksaan motor di sini dan ditawari ngaji, tetapi saya ajukan saja istri saya," kata pria yang bekerja di Pasar Turi ini.

Digelar Sore Hari

Kegiatan yang digelar Polres Pelabuhan Tanjung Perak ini berlangsung selama satu jam sejak pukul 16.00 hingga 17.00 WIB.

Pantauan Liputan6.com di sekitar Jalan Perak Berat 275 ini ada 10 pengendara yang dengan sukarela mengikuti program mengaji satu juz 'Suka Sajadah' yang diadakan oleh Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

"Seusai membaca Alquran, Mutiah, istri dari Riyanto ini mengakui membaca surat Al-Baqarah.

"Ya alhamdulillah saya lancar baca surat Al-Baqarah sekaligus dapat parsel dari Pak Kapolres, ini berkah Ramadan," tutur perempuan asal Caruban, Madiun, Jawa Timur.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jatim, menggelar program Mengaji Satu Juz Dapat Hadiah Parsel. (Liputan6.co/Dhimas Prasaja)

Sementara itu, ditanya terkait program Polres Pelabuhan Tanjung Perak ini, Ketua Takmir Masjid Mujahidin HM Rajab Ikhsan mengatakan kegiatan tersebut sangat bermanfaat.

"Selain memang kita sudah menyiapkan tempat di halaman masjid, ini adalah upaya agar masyarakat di sekitar mengenal polisi yang juga mitra yang peduli di bulan suci Ramadan," kata Rajab.

Ia menuturkan pula di Masjid Mujahidin setiap harinya Takmir Masjid menyediakan takjil berupa kurma, air mineral, dan 800 nasi bungkus.

"Agar teratur jemaah yang salat di masjid ini kami usai salat magrib menyediakan nasi bungkus 700 dan memberikan kupon sejumlah 700 saja," Rajab menambahkan.

Adapun menjelang 10 malam terakhir Ramadan, pihak masjid menyediakan 700 nasi bungkus. "Selain karena ada tadarus iktikaf. kami juga fasilitas makanannya, jadi takmir kami memfasilitasi jemaah," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.