Sukses

Alasan Kodam Udayana 'Persenjatai' Ormas Dalam Bela Negara

Ormas akan diberikan pengetahuan tentang persenjataan militer dalam program Bela Negara

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Penerangan Kodam 1X Udayana, Letkol Hotman Hutahaean mengatakan dalam waktu dekat akan segera menggelar latihan bela negara. Dirinya mengaku,program tersebut adalah progam lama namun baru saat ini akan direalisasikan.
 
‎"Program bela negara adalah program lama," katanya di Denpasar, Sabtu (11/6/2016).

Menurut Hotman, pelatihan bela negara ini tidak berkaitan dengan sejumlah ormas yang kurun waktu satu bulan sering terlibat bentrok. Bahkan, ormas tersebut akan diberikan pengetahuan tentang persenjataan militer.

"Ini tidak ada kaitannya dengan keributan ormas di Bali," ucap dia.

Terkait pelatihan persenjataan militer, Hotman mengaku hal itu sudah berkaitan satu dengan lainnya.

‎"Mulai dari melibatkan siswa, mahasiswa dan masyarakat sipil lainnya. Ada latihan baris berbaris dan sebagainya. Dari dulu memang begitu," tutur Hotman.

Menurutnya pembekalan pelatihan persenjataan bukan sesuatu yang baru dilakukan. Tidak hanya di Bali, pelatihan tersebut juga ada di daerah- daerah lain. "Hal ini (bela negara) sudah lama dirancang. Jadi, tidak usah dibesar-besarkan. Itu hanya program lama, biasa saja," ucap Hotman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini