Sukses

Kemasan Makanan di Yogya Paling Rusak dan Berkarat

Distribusi produk makanan yang dijual di Kota Yogyakarta paling tidak memenuhi syarat jika dibandingkan kabupaten lain di DIY.

Liputan6.com, Yogyakarta - Distribusi produk makanan yang dijual di Kota Yogyakarta paling tidak memenuhi syarat jika dibandingkan kabupaten lain di DIY. Hal itu berdasarkan temuan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta menjelang Ramadan dan Idul Fitri 2016.

"Distribusi yang dimaksud adalah sarana penjualan, misal kemasan makanan yang dijual di toko sudah rusak atau berkarat," ujar Kepala BBPOM Yogyakarta I Gusti Ayu Adhi Aryapatni usai memeriksa produk makanan dalam parsel di sebuah swalayan di Yogyakarta, Selasa (7/6/2016).

Tercatat berdasarkan pemeriksaan di 27 titik sarana distribusi di Kota Gudeg, hanya 15 yang memenuhi standar atau sekitar 55%.

Sedangkan pengawasan di 54 titik sarana distribusi di Sleman, ada 48 yang sudah memenuhi standar atau 88%. Dan pemeriksaan di Bantul terdapat 9 dari 14 titik distribusi yang sudah memenuhi syarat atau 64%.

Ayu berpendapat temuan tersebut relatif mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun lalu. Pada 2016, terdapat 23 dari 95  titik sarana distribusi yang tidak memenuhi syarat atau sekitar 24%.

Ayu mengungkapkan, kebanyakan produk ditemukan dalam kemasan yang rusak serta tidak memiliki izin edar.

"Seperti sekarang ini, parsel relatif aman. Tetapi produk nonparsel beberapa kami amankan karena kaleng sudah penyok atau tidak ada tanggal kedaluwarsanya," tutur dia.

Sejauh ini, kata Ayu, BBPOM masih melakukan pembinaan terhadap distributor dan produsen yang belum memenuhi syarat.

Dia mengatakan, belum ada sanksi hukum yang diterapkan karena kasus produk tidak memenuhi syarat di Daerah Istimewa Yogyakarta masih bisa diberi toleransi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.
    Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.

    Yogyakarta

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • parsel