Sukses

Asyik, Sebentar Lagi Bisa Minum Gratis di Malioboro

Instalasi air siap minum akan dibangun di tiga titik Malioboro.

Liputan6.com, Yogyakarta - PDAM Tirtamarta Yogyakarta akan membangun instalasi air siap minum di sepanjang Jalan Malioboro guna mendukung program revitalisasi kawasan menuju semi-pedestrian.

"Kami akan bangun instalasi di tiga titik. Harapannya, wisatawan yang datang bisa memanfaatkan instalasi tersebut dan memperoleh air minum yang berkualitas baik," kata Direktur Bidang Teknik PDAM Tirtamarta Yogyakarta Setiawan Budianto di Yogyakarta, dilansir Antara, Jumat 3 Juni 2016.

Instalasi tersebut rencananya ditempatkan di depan Gedung DPRD DIY, depan kompleks Kepatihan atau Kantor Gubernur DIY, dan di depan Pasar Beringharjo.

Pemasangan instalasi air siap minum tersebut akan menyesuaikan dengan pekerjaan revitalisasi kawasan yang kini sedang dilakukan pihak ketiga.

"Kami sudah berkoordinasi dengan kontraktor yang mengerjakan proyek fisik revitalisasi kawasan Malioboro. Nanti tinggal memasang keran air dan instalasi lain yang dibutuhkan," kata Setiawan.

Program pemasangan instalasi air siap minum di Jalan Malioboro tersebut merupakan kelanjutan dari program yang telah dilakukan PDAM Tirtamarta di empat lokasi lain.

Keempat lokasi yang sudah dilengkapi dengan instalasi air siap minum adalah Kantor PDAM, Taman Pintar Yogyakarta, Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasthy), serta di Kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta.

Setiawan memastikan air siap minum tersebut memiliki kualitas yang baik, bersih, dan higienis sehingga aman dikonsumsi. "Sudah dilakukan uji laboratorium dan air siap minum ini memenuhi standar dari Kementerian Kesehatan," kata dia.

Direktur Utama PDAM Tirtamarta Yogyakarta Dwi Agus Triwidodo berharap masyarakat dapat ikut menjaga instalasi air siap minum agar bisa dimanfaatkan dengan baik dan benar oleh banyak wisatawan.

Namun, jika diperlukan, maka PDAM Tirtamarta akan menyusun skema pengamanan instalasi atau bisa saja menunjuk petugas khusus untuk mengelola dan menjaga instalasi air tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.