Sukses

Siswa SMAN 4 Denpasar Raih Nilai UN Tertinggi Tingkat Nasional

Salah satu kunci keberhasilan itu adalah dengan membentuk klub-klub Ujian Nasional.

Liputan6.com, Denpasar - Prestasi gemilang diraih SMA Negeri 4 Denpasar, Bali. Betapa tidak, salah satu siswa mereka mendapat nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi tingkat nasional.

Dia adalah Maria Septiana Parmonang dan Ni Puta Ika Regina Maharani yang meraih nilai tertinggi untuk mata pelajaran IPA dengan nilai 55,66 dan IPS 50,64.

Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Denpasar I Wayan Rika mengatakan, prestasi yang didapat anak didiknya tak lepas dari dukungan dari para pembimbing yang selalu melakukan evaluasi setiap tahun. Salah satu kunci keberhasilan itu adalah dengan membentuk klub-klub Ujian Nasional. Tujuannya, untuk mendongkrak lebih tinggi prestasi raihan anak didiknya.

"Kita lebih kreatif menghadapi UN tahun ini. Seperti membentuk klub-klub UN, itu untuk mendongkrak soal UN," kata Rika saat ditemui di ruangannya, Rabu 11 Mei 2016.

Klub UN yang dimaksudnya terdiri dari 20 orang siswa terbaik yang mensimulasikan mata pelajaran yang diujikan. Mereka kemudian mendapat porsi jam belajar tambahan usai pulang sekolah. Tujuannya agar mereka lebih efektif dalam memahami tiap soal yang akan diujikan pada UN.

Kendati begitu, bukan berarti siswa dengan prestasi biasa saja luput dari perhatiannya. Rika menuturkan mereka juga diberikan perhatian khusus dengan pola sama. Dibentuk dalam klub-klub sesuai kemampuan, lalu diberikan tambahan pelajaran agar dapat lulus dari ujian.

"Jadi, kita perhatikan semua sesuai dengan porsinya. Ini adalah inovasi yang kita lakukan tiap tahunnya," ucap dia.

Tahun ini merupakan ‎kali ketiga sekolahnya mendapat nilai tertinggi UN. Dua tahun belakangan, kata dia, siswanya juga meraih nilai tertinggi UN.

"Kita berinovasi tiap tahunnya menyesuaikan dengan kurikulum yang dikeluarkan pemerintah," tutur Rika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.