Sukses

Sensasi Hollywood ala Kulonprogo, Belakang Makam Tempat Jathilan

Tulisan Hollywood itu sudah ada sejak 1985. Pemuda setempat berinisiatif untuk membuat tulisan itu.

Liputan6.com, Kulonprogo - Siapa bilang Hollywood cuma ada di Amerika Serikat. Di Yogyakarta juga ada 'Hollywood' tepatnya di Dusun Ngramang, Desa Kedung Sari, Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Tidak ada bukti atau cerita daerah ini pernah didatangi artis Hollywood atau apapun yang ada hubungannya dengan Amerika ada di daerah itu. Namun, adanya tulisan Hoollywood di desa ini sudah sejak lama adanya.

Kasim salah satu warga sekitar mengatakan tulisan itu sudah ada sejak tahun 1995. Saat itu para pemuda berinisiatif untuk membuat tulisan itu. Sampai akhirnya tulisan itu bertahan hingga sekarang.

"Niku pun suwe (Itu sudah lama itu) saya pulang dari luar Jawa itu tahun 1995 aja itu sudah ada kok," ujar Kasim kepada Liputan6.com, Minggu (8/5/2016).

Kliman warga Ngramang lainnya menyebut jika tulisan itu sudah ada sejak tahun 1985. Ia teringat saat ia menjual sapi sapinya di tahun itu.

Saat itu tempat seluas 825 meter persegi itu sering digunakan warga untuk berbagai kegiatan seperti pentas seni Agustusan, musik, volley, hingga jathilan.

"Sekitar tahun 85 aku inget pas jual sapi. Pemuda sini itu iseng-iseng nulis. Dulu kegiatannya di sini jathilan dan voly karena deket jalan raya itu ga boleh sekarang," ujar Kliman.

Kliman mengaku sejak awal hingga saat ini tulisan itu tidak pernah diganti atau diperbaharui. Tulisan itu awet dan bahkan sebagai penanda wilayah daerahnya. Orang mengetahui nama Hollywood dibandingkan desa Ngramang.

"Supir bus lintas Sumatera pun kenal. Jadi kalo naik bus turun Hollywood gitu sudah diturunkan depan situ," ujar Kliman.

Kliman mengatakan, di belakang tulisan itu merupakan makam warga kampung setempat. Walaupun deket dengan makam area di sekitar Hollywood juga seperti daerah lainnya, tetap aman dan jauh dari kejadian kecelakaan.

"Belum pernah terjadi kecelakaan yang sampai menelan korban meninggal di daerah ini," imbuh Kliman.

Kliman mengatakan tulisan yang sudah lama ini seharusnya bisa menjadi ikon desa di Kulonprogo. Namun tulisan Hollywood itu ada di atas tanah milik pribadi sehingga jika tanah itu dijual maka tulisan itu dikhawatirkan hilang.

"Tanah pribadi ya jadi kalau dijual ya itu tulisannya ga ada lagi nantinya," ujar dia.

Jika melintas di jalan Yogyakarta-Wates, daerah ini di jalan Yogyakarta-Wates KM 25. Jika dari arah kota Yogyakarta, tu;isan itu di sebelah kiri, tepatnya setelah SPBU. Tertarik selfie di Hollywood?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini