Sukses

50 Ribu Pengunjung Padati Dua Candi Sakral di Tengah Jawa

Borobudur dan Prambanan dikenal sebagai dua candi sakral dan terbesar dari yang ada di Indonesia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Wisatawan yang berkunjung ke Candi Prambanan dan Borobudur melonjak sampai empat kali lipat selama musim libur panjang akhir pekan, 5-8 Mei.

Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur Chrisna Murti Adiningrum mengatakan, jumlah wisatawan yang berkunjung menembus angka 34.000 per hari, sementara pada hari biasa tidak lebih dari 8.000 orang.

"Pada libur akhir pekan biasa hanya berkisar 10.000-15.000 orang. Kebanyakan adalah keluarga dan rombongan study tour," ujar Chrisna kepada Liputan6.com, Minggu (8/5/2016).

Borobudur dan Prambanan dikenal sebagai dua candi sakral dan terbesar dari yang ada di Indonesia. Keduanya terletak di Jawa Tengah, Jawa Tengah ini dibuka setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

Untuk mengatasi pengunjung yang membludak selama masa liburan, lanjut Chrisna, dipersiapkan petugas tambahan terutama di bagian keamanan, loket, dan kebersihan.

"Keamanan dan kenyamanan tetap kita utamakan supaya pengunjung tetap betah," ujar Chrisna.

Kondisi serupa juga terjadi di Candi Prambanan. Sampai dengan akhir libur long weekend, diperkirakan ada 60.000 pengunjung dan jumlah itu sudah melebihi target.

Kepala Divisi Operasional Candi Prambanan Eka Rahmadi menyebutkan kemarin jumlah kunjungan sempat mencapai 40.000 orang.

"Kalau dibandingkan hari biasa ya sekitar 4 sampai 5 kali lipat kenaikannya," tutur Eka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.