Sukses

Nasi Bakar Sepanjang 300 Meter Jadi Menu Utama Makassar City Expo

Gogos adalah salah satu penganan tradisional yang sangat khas Makassar yang sejak dulu akrab dengan lidah warga Sulsel.

Liputan6.com, Makassar - Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto akan menyajikan menu spektakuler nasi bakar alias gogos sepanjang 300 meter. Makanan yang bakal memecahkan rekor Muri itu bakal disajikan saat Makassar City Expo di anjungan Pantai Losari 8-11 Mei 2016.

"Ide ini dari saya yang tujuannya menegaskan bahwa Makassar adalah kota kuliner nomor satu di Indonesia. Gogos adalah salah satu penganan tradisional yang sangat khas yang sejak dulu akrab dengan lidah warga Sulsel," ucap Moh Ramdhan Pomanto kepada Liputan6.com, Jumat 6 Mei 2016.

Kuliner gogos di Sulawesi Selatan, umumnya disajikan pada saat perayaan Idul Fitri bersama ketupat dan juga penganan-penganan lainnya.

"Tapi di luar hari raya besar umat Islam, nasi bakar atau gogos kerap kita temukan di kawasan Pantai Losari atau di pinggir-pinggir jalan kota Makassar," kata Wali Kota yang akrab disapa Danny ini.

Gogos biasanya berbentuk slinder panjang, dengan isi beras ketan putih yang dipanggang di atas bara api, dibungkus dengan daun pisang yang menyerupai panganan lemper. Belakangan gogos divariasikan kelezatannya dengan tambahan isi ikan tuna, ayam hingga keju di dalamnya.

"Nantinya kita akan undang seluruh warga kota dan luar kota Makassar untuk sama-sama mencicipinya" jelas Danny.

Nasi bakar terpanjang itu bakal jadi hadiah spesial untuk warga kota Makassar di tahun kedua kepemimpinannya Danny dan Syamsu Rizal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini