Sukses

Aksi Terjun Payung Marinir Ramaikan Penutupan Pesona Tambora

Atraksi personil marinir tersebut merupakan dukungan TNI AL terhadap acara Festifal Pesona Tambora

Liputan6.com, Dompu - Puncak acara Festival Pesona Tambora 2016 yang berlangsung di Desa Doro Ncanga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditutup dengan atraksi terjun payung oleh personil TNI Angkatan Laut (AL).

Atraksi tersebut sukses memukau warga yang hadir pada hari terakhir acara perhelatan tersebut. Bahkan, atraksi yang dilakukan oleh prajurit marinir itu juga sukses mencuri perhatian Gubernur NTB dan menteri lingkungan hidup.

"Ini dukungan kami kepada acara Festival Pesona Tambora 2016," ujar Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Mataram, Kolonel Marinir Rachmat Djunaidi, Sabtu (16/4/2016).

Pantauan Liputan6.com dari lokasi perhelatan, ribuan warga berkumpul di lapangan dan menyaksikan langit Doro Ncanga yang dihiasi dengan belasan terjun payung.

Selang beberapa menit kemudian, satu persatu personil TNI AL turun dengan membawa berbagai macam Spanduk Festival Pesona Tambora dan Bendera Merah Putih.


Rachmat juga mengatakan, atraksi personil marinir tersebut merupakan dukungan TNI AL terhadap acara Festifal Pesona Tambora yang bertemakan kemaritiman untuk mendukung poros maritim dan Pariwisata.

Selain itu, kata dia, atraksi terjun payung menggunakan pesawat Cassa M-601 yang juga diawaki Angkatan laut tersebut juga dijadikan perkenalan kepada publik banyak, bahwa TNI AL tak hanya handal di laut saja, namun juga di darat dan di Udara. Seperti para pasukan Amphibi.

"Ini merupakan dukungan TNI AL pada acara ini. Selama ini banyak yang mengira TNI AL hanya bergerak di Laut, dan hari ini kami buktikan bahwa AL juga punya penerbang dan juga punya pasukan darat," ujar dia.

Festival pesona Tambora 2016 ini merupakan acara tahunan yang digelar pemerintah provinsi dan kementerian pariwisata RI. Festival ini merupakan lanjutan dari peringatan tepat dua abad meletusnya gunung Tambora pada bulan april April 2015 lalu atau dikenal dengan label "Tambora Menyapa Dunia"

Peringatan 200 tahun letusan gunung Tambora pada event "Tambora Menyapa Dunia" tahun lalu dibuka langsung oleh presiden Joko Widodo. Presiden kemudian menetapkan Tambora menjadi acara tahunan berskala Nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini