Sukses

Waktu Pemesanan Tiket Kereta Lebaran Tinggal 4 Hari Lagi

KAI Surabaya layani pemesanan tiket kereta lebaran mulai akhir Maret hingga pertengahan April.

Liputan6.com, Surabaya - PT KAI sudah membuka loket pemesanan tiket KA Lebaran 2016. Pemesanan tiket KA arus mudik dan arus balik dibuka mulai 28 Maret sampai 18 April 2016.

"Jadi bisa saja blanko tiket kosong itu dimanfaatkan," kata Manager Humas PT KAI, Daop 8 Surabaya, Suprapto kepada Liputan6.com, Rabu 13 April 2016.

Mewaspadai kemungkinan beredarnya tiket palsu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8, Surabaya melakukan antisipasi. Berbagai skenario diterapkan PT KAI agar blanko kosong tiket tidak dimanfatkan pihak tak bertanggung jawab.

"Antisipasinya kita akan meneliti tiket keaslian tiket. Kita kan menganut satu tiket satu tempat duduk, jadi okupansinya pasti 100 persen tempat duduk, kalau ada yang sama kita pastikan salah satunya palsu,"

Selain melakukan verifikasi tiket sebelum keberangkatan, PT KAI juga meminta masyarakat agar tidak membeli tiket dari calo ataupun perseorangan.

"Membeli tiket di lokasi tidak resmi dapat merugikan masyarakat itu sendiri, tiket kereta api yang dijual oleh calo atau perseorangan merupakan tiket palsu, jadi masyarakat harus waspada," kata Suprapto.

Masyarakat yang ingin mendapatkan tiket bagi perjalanan kereta api dapat memesan melalui web site kereta api, eksternal channel, contact center 121, mini market, agen tiket ka resmi, pos dan giro.

Sementara itu pada Februari lalu diketahui, ratusan blangko kosong tiket kereta api raib dicuri. Blangko kosong tersebut dicuri oleh seorang pria tidak dikenal dari mesin pencetak tiket mandiri yang berada di area Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta. Saat ini aparat kepolisin setempat masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait pencuan blanko tiket.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.