Warga Makassar Jadi Pekerja Terbaik di Malaysia

Oleh Ahmad Yusran pada 13 Apr 2016, 08:00 WIB
Diperbarui 13 Apr 2016, 08:00 WIB
TKI Terbaik
Perbesar
Warga Makassar jadi pekerja terbaik di Malaysia

Liputan6.com, Makassar - Tenaga Kerja Indonesia asal Makassar juara di Malaysia. TKI itu adalah Muh Irwan bin Saleng, warga Kelurahan Bangkala, Kecamatan Tamangapa, Makassar. Dia meraih penghargaan The Best Indonesian Migrant Workers.

Penghargaan diberikan di Grand Ballroom, Kuching Hiton, Serawak Malaysia, Minggu 10 April 2016. Selain dokumen penghargaan kepada Irwan bin Saleng dan Pemkot Makassar, ia juga mendapatkan uang tunai senilai 12.000 Ringgit Malaysia (RM) atau sekitar Rp 40 juta.

"Khusus pemkot melalui Disnaker juga diberikan penghargaan karena kami dinilai sukses membina dan membimbing TKI asal Makassar," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Makassar Andi Bukti Djufri kepada Liputan6.com, Selasa (12/4/2016).

Menurut Andi Bukti, pengusaha di Malaysia berharap Makassar dapat menyediakan lagi tenaga-tenaga kerja andal yang siap pakai, yakni tenaga kerja yang sudah memiliki keterampilannya masing-masing.

"Sebab, khusus di Malaysia sendiri dengan memperhatikan industri strategis, seperti kelapa sawit setidaknya dapat menyerap tenaga kerja yang banyak," jelas dia.

Malaysia adalah salah satu produsen terbesar untuk komoditas kelapa sawit. Andi Bukti mengatakan tidak heran jika pemerintah Malaysia memberikan insentif agar para pekerja industri kelapa sawit bisa bersaing di pasar internasional.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Consulate General Of The Republic Of Indonesia In Kuching In Association With The Indonesian Migrant Workes Award Committee. Acara itu dihadiri Datuk Petinggi Tan Sri Haji Adenan bin Haji Satem dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Malaysia Marsekal TNI (Purn) Herman Prayitno.