Pernikahan Sejenis di Riau, Ini Muslihat Mempelai Pria Palsu

Oleh M Syukur pada 11 Apr 2016, 19:45 WIB
Pernikahan sejenis

Liputan6.com, Pekanbaru - Pernikahan sejenis antara perempuan di Desa Sungai Beringin, Kabupaten Indragiri Hulu sempat menghebohkan warga. Meskipun langsung dibatalkan Kantor Urusan Agama (KUA) setempat, setelah kedok mempelai pria yang mengaku Defrian Suryono alias Rio ketahuan.

Kepala desa setempat, Suwito, mengaku telah tertipu oleh Rio yang belakangan diketahui bernama Desi. Muslihat Rio ini dibantu oleh seorang warga berinisial LK dan sudah meminta maaf kepada Suwito atas kejadian ini

"Dia (Rio) bekerja sama dengan sesorang inisial LK untuk membohongi aparat desa guna memalsukan identitasnya. LK mengatakan Rio adalah anak angkatnya dari Batam (Kepulauan Riau)," kata Suwito.

Suwito menceritakan, Rio atau Desi datang ke rumahnya bersama LK untuk mengurus surat pengantar pernikahan dari Kepala Desa untuk selanjutnya di serahkan ke KUA setempat.

Sewaktu pengurusan surat itu, tak ada kecurigaan dari Suwito bahwa Rio ini adalah perempuan.

"LK juga meminta surat pengantar dibuatkan KTP dan KK di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. LK memaksa saya mengelurkan surat pengantar," kata Suwito.

Setelah kejadian ini, kata Suwito, LK datang dan memohon maaf atas perbuatannya bekerjasama dengan pelaku membohongi Kepala Desa Sungai Beringin.

"Saya sampaikan kepada LK bahwa kejadian ini bisa saja saya laporkan kepada aparat kepolisian. Namun itu tidak saya lakukan karena yang bersangkutan sudah minta maaf," papar Suwito.

Kejadian ini menjadi pelajaran bagi Suwito terhadap warganya yang akan melangsungkan pernikahan. Selanjutnya tidak hanya akan memeriksa kelengkapan administari atau surat pengantar pernikahan dan pembuatan KTP serta KK, dia berjanji akan memeriksa fisik orang yang mengajukan.

"Tentu ini pelajaran, kedepannya harus hati-hati," tegas Suwito.

Sebelumnya, identitas Rio terbongkar karena pemilik nama asli Desi ini  menolak melakukan sesi foto. Hal ini kemudian menimbulkan kecurigaan pada perias pengantin dan langsung melapor ke KUA.

Pengakuan Rani, dia tertipu karena selama ini menjalin hubungan lewat media sosial dan hubungan telepon selama 7 tahun. Rio kemudian melamar Rani hingga berujung pernikahan sejenis, meski sudah dibatalkan.‎